bolehkah istri menceraikan suami

Tuesday, February 12, 2013

bolehkah istri menceraikan suami

bolehkah istri menceraikan suami

banyaknya kasus perceraian terutama dari kalangan artis,sehingga ada didapati para wanita menalak suaminya lewat pengadilan agama dengan alasan sudah tidak ada kecocokan.apakah sah talak tersebut menurut pandangan islam?

bolehkah istri menceraikan suami

berkaitan dengan pengajuan gugatan cerai oleh seorang wanita (istri) kepengadilan agama karena faktor ketidakcocokan lagi maka harus dirinci. jika ketidakcocokan dalam nasab (garis keturunan) misalnya, ini tidak dianggap sebagai faktor diperbolehkannya perceraian pasangan suami-istri, karena bertentangan dengan ajaran syariat, terlebih lagi pasangan tersebut telah memiliki anak, kalau saja perceraian antara pasangan suami-istri yang disebabkan faktor ketidak sepadanan nasab tidak diperbolehkan secara syariat, maka faktor-faktor yang lain tentu tidak dapat diterima karena  tidak lebih tidak penting, terutama ketika telah memiki anak.

tetapi apabila yang dimaksud dengan ketidakcocokan antara suami-istri dikarenakan sang suami sekarang telah berubah kearah yang negative seperti pecandu khamar (minuman keras), melakukan kemaksiatan dan lain sebagainya, maka dalam kondisi ini sang istri boleh meminta cerai namun istri tidak memiliki wewenang menceraikan suami. wallah a’lam

sumber majalah qiblati
terima kasih telah membaca artikel ini tentang "bolehkah istri menceraikan suami"

baca juga
menjaga jantung
maksud loyal kepada muslim
ciri agama syiah berdialog

2 Komentar

Tolong jelaskan yang lbh gamblang tentang di perbolehkannya seorang istri yg boleh menceraikan suami menurut Rosulullah nabi Mukhammad saw.

Reply

dalam syariat islam, istri hanya boleh meminta cerai dalam bahasa arabnya dikenal dengan istilah (khulu)
itupun dalam perkara yg dibolehkan syariat islam, sedangkan menceraikan hak suami

Reply

salurkan pendapat antum tentang blog / artikel ini
No Link
No Spam