Sholat sunnah 2 rakaat qobliyah subuh setelah sholat subuh

Suatu ketika saya tidak sempat melakukan sholat sunnah 2 rakaat qobliyah sholat subuh (sebelum sholat subuh), bolehkah saya melakukannya setelah sholat subuh langsung padahal waktu ini adalah waktu yang terlarang?

Jawaban
Diantara waktu terlarang melakukan sholat didalamnya adalah setelah sholat subuh sampai matahari terbit setingi tombak, akan tetapi apabila memiliki udzur yang membuatnya tidak sempat melakukan sholat qobliyah subuh, maka dibolehkan meng- qodho-nya setelah sholat subuh, hal ini dia lakukan (2 rakaat qobliyah) karena suatu sebab khusus dan juga didasari sebuah hadist.

عن قيس قال خرج رسول الله فأقيمت الصلاة فصليتُ معه الصبح ثم انصرف النبي فوجدني أصلي فقال مهلا يا قيس أصلاتان معا 
قلت يا رسول الله إني لم أكن ركعت ركعتي الفجر قال فلا إذنْ
Dari Qois radhiallahu anhu dia berkata: Rasullullah shallahu alahi wassalam keluar (dari rumah), lalu iqomat di kumandang kan, maka aku sholat subuh bersama beliau, kemudian beliau shallahu alahi wassalam -tatkala selesai sholat nya- mendapati aku melaksanakan sholat (lagi), lalu beliau shallahu alahi wassalam menegur ku: “sebentar wahai qois, apakah engkau melakukan 2 kali shalat bersamaan?lalu aku menjawab: “wahai rasullullah, aku belum melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat sebelum subuh. “nabi shallahu alahi wassalam bersabda: “kalau begitu tidak mengapa.” (HR. At-tarmidzi 422, ibnu majah 1151, dan di shohih kan oleh syaikh Albani rahimahullah)

baca juga: berapa jumlah marga batak sumatra utara

Al-mubarrokfuri mengatakan: “ibnu hibban rahimahullah mengeluarkan hadist yang semisal dalam kitab shohihnya, dan semua perawinya terpercaya. Dalam hadist ini dikatakan bahwa tatkala rasullullah shallahu alahi wassalam menjumpai Qois radhiallahu anhu mengqodho (mengganti) sholat 2 rakaat qobliyah subuh, rasullullah shallahu alahi wassalam tidak mengingkarinya.”

Syaikh Ibnu baz rahimahullah mengatakan (demikian juga fatwa syaikh ibnu utsaimin rahimahullah dalam Majmu’ Fatawa beliau 14/28) : “akan tetapi (mengqodho’ qobliyah subuh) lebih afdhol di akhir kan sampai matahari terbit setinggi tombak, karena nabi shallahu alahi wassalam memerintahkan demikian itu. Adapun apabila dilakukan setelah sholat subuh, maka telah sah persetujuan Nabi shallallahu alahi wassalam yang menunjukkan kan hal ini.” (Fatawa ibnu Baz 11/373)
Sholat sunnah 2 rakaat qobliyah subuh setelah sholat subuh

baca juga: apa saja doktrin bejat yang disembunyikan syiah dari kaum muslimin

Sumber majalah al-furqon edisi 8 tahun VII
donasi anda membantu eksisnya blog dakwah kami ini, kirim ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama atri yuanda

dibawah ini, posting terbaru kami di twitter "yuk baca and share"

dapatkan pesan dakwah harian di inbox whatsapp anda


Cara daftar
Ketik nama#usia#asal daerah kemudian kirim ke no whatsapp kami ini 0821 6826 4963

Simpan no whatsapp kami dgn nama "1hari 1ilmu"

Jadilah anda petunjuk jalan dan dapatkan setiap kebaikan dari orang yg anda ajak
Kunjungi dan baca artikel lainnya di
kumpulankonsultasi.com
https://telegram.me/mengenalislamyuk

Portal share artikel asatizah, informasi dan berita islam
bantu kami share info ini

cari artikel ?. ketik dibawah ini