MUTIARA HADITS

"sebaik-baik pengobatan penyakit adalah dengan melakukan bekam" HR.ahmad dan al-hakim

Pengertian sekularisme

Pertanyaan

Saya berharap agar anda dapat menjelaskan kepada kami tentang pengertian sekularisme yang mudah dipahami seluruh pembaca

Jawaban

Sekularisme adalah aliran baru dalam gerakan perusak yang berorentasi untuk memisahkan agama dari negara, dan menyibukkan diri dengan nafsu dunia dan kesenangannya, serta menjadikan hal tersebut satu-satunya tujuan hidup ini melupakan serta lalai dari hari akhirat, juga tidak memperdulikan amalan akhirat. Salah satu sabda Nabi r yang tepat kita sematkan bagi mereka para penganut sekularisme adalah sabda beliau:

تعسَ عبدُ الدّينار , و عبدُ الدّرهم , و عبد الخميصةِ , إنْ أُعطيَ رضيَ , و إنْ لمْ يُعطَ سخِطَ , تعسَ وانتكس , و إذا شيْكَ فلاَ انتشَ
“merugilah hamba dinar, hamba dirham dan hamba khamishah (pakaian kebesaran). Jika diberi dia ridho, bila tidak diberi dia murka, merugilah dia berkepanjangan, dan jika dia tertusuk duri tidak akan tercabut (celakah ia)”. [H.R Bukhari, 2887]

Masuk dalam kategori dia tas; semua orang yang mencela bagian dari ajaran islam bbaik itu perkataan atau perbuatan. Siapa yang berhukum dengan undang-undang yang tidak sesuai dengan islam dan meninggalkan hukm syar’i maka ia seorang sekuler. Dan barang siapa yang menghalalkan perkara yang haram seperti zina, khamar, nyayian, dan transaksi riba serta meyakini bahwa mengharamkan hal-hal tersebut merupakan bahaya bagi manusia serta meyakini bahwa itu pengekangan terhadap kemaslahatan jiwa, maka ia seorang sekular. Dan siap yang mencegah atau mengingkari ditegakkannya hukum had seperti; hukum mati bagi pembunuh dan  rajam atau cambuk bagi pezina dan peminum khamar, atau potong tangan pencuri, dan mengklaim bahwa penegakan akan hukum-hukum akan berdampak pada buruk nya citra  dan tampilan seseorang, maka ia telah masuk dalam wilayah sekularisme.

Sedangkan islam menghukumi mereka sebagaimana Firman Allah dalam mensifati kaum yahudi:










Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah Balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat[68]. (QS.al-Baqarah: 85)


[68] Ayat ini berkenaan dengan cerita orang Yahudi di Madinah pada permulaan Hijrah. Yahudi Bani Quraizhah bersekutu dengan suku Aus, dan Yahudi dari Bani Nadhir bersekutu dengan orang-orang Khazraj. antara suku Aus dan suku Khazraj sebelum Islam selalu terjadi persengketaan dan peperangan yang menyebabkan Bani Quraizhah membantu Aus dan Bani Nadhir membantu orang-orang Khazraj. sampai antara kedua suku Yahudi itupun terjadi peperangan dan tawan menawan, karena membantu sekutunya. tapi jika kemudian ada orang-orang Yahudi tertawan, Maka kedua suku Yahudi itu bersepakat untuk menebusnya Kendatipun mereka tadinya berperang-perangan.

Maka siapa yang menerima dari agama ini hanya apa yang sesuai dengan kondisi pribadinya dan hanya mengambil ibadah sebagiannya saja lalu menolak apa saja yang tidak sejalan dengan hawa nafsunya, maka ia masuk dalam ayat ini.

Demikian juga Allah U berfirman:









15. Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka Balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.

16. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan[714]. (Q.S. Hud: 15-16)

[714] Maksudnya: apa yang mereka usahakan di dunia itu tidak ada pahalanya di akhirat.
Dengan demikian, obsesi para penganut sekularisme adalah menumpuk-numpuk kesenangan duniawi dan bersenang-senang dengan syahwat walaupun dengan yang haram. Wallahu a’lam

Sumber majalah qiblati edisi 04 tahun VII
Tag : aqidah
2 Komentar untuk "Pengertian sekularisme"

mas sya mau tanya apakah di indonesia ini msih ada atau banyak ajaran sekularisme?

hampir di seluruh belhan dunia sudah menganut ajaran sekularisme, termasuk indonesia

salurkan pendapat antum tentang blog / artikel ini

Back To Top