Apa penyebab blue screen windows dan solusinya ?

Mungkin anda pernah mengalami kasus seperti ini, ketika mau menyalakan Komputer atau Laptop tetapi yang terjadi computer atau laptop anda hanya keluar tampilan berwarna biru dengan tulisan berwarna putih atau sering disebut orang dengan istilah BLUE SCREEN (Tampilan Layar Biru), banyak factor yang menyebabkan blue screen ini, salah satu nya kalau di laptop terjadi perubahan setting bios pada pengaturan hardisk seharusnya posisi IDE biasa nya untuk windows xp 32 bit, atau Posisi AHCI untuk windows vista atau windows 7 baik untuk 32 bit atau 64 bit.
Apa penyebab blue screen windows dan solusinya
Ketika kita install windows xp 32 bit, biasanya konfigurasi bios pada laptop atau pc kita set IDE untuk pembacaan hardisk, dan windows akan berjalan normal, dan instalasi windows akan sukses, tetapi begitu anda mengeset bios kembali ke posisi default atau katakanlah baterai bios pc dan laptop habis, maka setting konfigurasi bios untuk hardisk kembali ke AHCI maka begitu computer atau laptop anda nyalakan akan terjadi blue screen.

Untuk mengatasi masalah diatas (solusinya) coba cek di bios, posisi IDE dan AHCI pada setting bios tersebut, jika IDE coba anda set ke AHCI atau sebaliknya, biasanya computer atau laptop akan jalan normal kembali.
Bisa juga oleh sebab lain, seperti kartu memori kotor, atau juga Kartu VGA pendingin nya tidak normal akibat kipasnya mati, atau disebabkan media penyimpan juga bisa menyebabkan blue screen ini.

Solusinya sebelum install ulang, coba bersihkan semua komponen dari debu, jika semua komponen dinyatakan normal semua, dengan mengecek suhu atau temperature di bios hardware monitor jika menunjukkan suhunya dibawah 50 - sampai 60 derajat maka computer kita dikategorikan normal, coba install ulang saja, dengan membackup dahulu data yang ada.

Itulah pengalaman penulis, karena emang saya adalah teknisi pada orbancom computer, jadi artikel ini di tulis berdasarkan pengalaman saya saja, mungkin masih banyak ragam penyebab dari blue screen ini.

Information source by: Orban (sutan Rajo Alam)

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini