Apa pengertian ekonomi islam menurut sarjana ekonomi islam dunia

Ada dua istilah yang sering digunakan, untuk ekonomi islam, yaitu ekonomi syariah dan ekonomi islam, keduanya merujuk pada satu asas yaitu ekonomi yang berdasarkan prinsip syariah.
Ekonomi berdasarkan syariah tumbuh dan berkembang bersamaan dengan lahir dan berkembangnya agama islam di dunia ini.

Ketika Rasulullah shallahu alahi wassalam berada di makkah , kegiatan ekonomi belum sempat dilaksanakan sebab perjuangan Rasulullah shallahu alahi wassalam lebih di fokuskan kepada dakwah tauhid, setelah Beliau hijrah ke madinah dan diangkat menjadi pemimpin, dalam waktu singkat Beliau mampu melaksanakan pemerintahan dengan baik, membentuk institusi negra yang di perlukan, mengatur politik dalam negeri dan luar negeri dengan prinsip kebersamaan dan persaudaraan.

Sebagian besar pembahasan tentang ekonomi islam (syariah) tersimpan dalam literatur islam seperti tafsir al-qur’an, syarah hadits dan kitab-kitab fiqh yang ditulis oleh para cendikiawan muslim terkenal seperti Ibnu Taimiyyah, Imam syafii, Ibnu khaldun, syeikh utsaimin, Abu Hanifah, sayyid sabiq dan banyak lagi. Ada juga yang ditulis oleh para orientalis tetapi hanya sedikit yang dapat ditemukan.Selama ini sebagian pakar memberikan pengertian ekonomi disamakan artinya dengan kata الإقتصاد yang artinya hemat dan penuh perhitungan

baca juga: bacaan shalawat

lantas Apa pengertian ekonomi islam menurut sarjana ekonomi islam dunia

Menurut Bagiral-Hasani sebagaimana yang dikutip oleh Agustino bahwa istilah ekonomi dan iqtishad merupakan 2 konsep yang berbeda, meskipun banyak ulama yang mengartikan sama antara keduanya.

Menurut M.Ahram khan yang dimaksud dengan ekonomi syariah adalah “islamic economic aims the study of human falah (well being) achieved by organizing the resources of the earth on the basic of cooperation and participation” (ilmu ekonomi islam yang bertujuan unuk melakukan kajian tentang kebahagian hidup manusia yang dicapai dengan mengorganisasikan sumber daya alam atas dasar gotong royong dan partisipan).

Menurut M.Umer chappar tentang ekonomi islam (syariah) adalah “islamic economics was defined as that branch of knowledge wich helps realize human well-being through an allocation and distribution of scarce resources that is in conformity with islamic teachings without unduly curbing individual freedom or creating continued macro economic an ecological imbalances” (ekonomi islam di denifikan sebagai sebuah pengetahuan yang membantu upaya realisasi kebahagian manusia melalui alokasi dan distribusi sumber daya yang terbatas dan berada dalam koridor yang mengacu pada pengajaran islam tanpa memberikan kebebasan individu atau tanpa prilaku makro ekonomi yang kesinambungan dan tanpa ketidak seimbangan lingkungan).

baca juga: puasa syaban

Menurut AbdulMannan tentang ekonomi islam (syariah) adalah “islamics economi is social science which studies the economics problems of a people imbued with the value of islam” (ilmu ekonomi islam adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi masyarakat yang di ilhami oleh nilai-nilai islam).

Apa pengertian ekonomi islam menurut sarjana ekonomi islam dunia
image ilustration from www.twitt-book.com
Dari 3 definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi islam (syari’ah) adalah ilmu yang mempelajari aktivitas atau perilaku manusia secara aktual dan empirical, baik dalam produksi, distribusi maupun konsumsi berdasarkan syariat islam yang bersumber al-qur’an dan as-sunnah serta ijma para ulama dengan tujuan untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat.

baca juga: cabut gigi ketika puasa

Islam memiliki sistem ekonomi yang secara fundamental berbeda dari sistem ekonomi yang lain. Sistem ekonomi islam memiliki akar syariat yang membentul pandangan dunia, strategi dan sasaran yang berbeda dengan system sekuler yang menguasai dunia saat ini. Konsep ekonomi islam sasarannya tidak hanya didasarkan kepada materi saja, tetapi mencakup juga hal-hal yang immaterial, seperti kebahagian manusia, kehidupan yang baik, aspek persaudaraan, keadilan sosioekonomi dan kebutuhan-kebutuhan sporitual ummat manusia lainnya.

Sumber bacaan: buku EKONOMI ISLAM HUKUM BISNIS SYARI’AH penulis Drs. NURUL HAK, MA

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini