imam abu hanifah menolak keberadaan allah di atas arsy, benarkah?

posting ini merupakan lanjutan dari pembahasan ana sebelumnya yaitu berkenaan manhaj aqidah imam syafii terhadap bersemayamnya allah ta'ala diatas arsy.

hal ini berkaitan tentang adanya bantahan seorang pemilik akun fb bapak abu abdurrahman azzein dahulu namanya abu abdurrahman as-syafii yang membuat pernyataan bahwa allah ta'ala tidak memiliki tempat.

disini akan ana cantum beberapa tulisannya yang dia khususkan untuk ana.
imam abu hanifah menolak keberadaan allah di atas arsy, benarkah
image ilustration from sitijamilah25.blogspot.com

sebelumnya ada beberapa hal yang harus ana sampaikan.
1.dalam memahami al-qur'an hukum asalnya adalah pengamalan berdasarkan keumuman lafadznya, kaidahnya terdapat dalam kitab ulumul qur'an, maka dalam memahami alqur'an dilarang keras menta'wil alqur'an berdasarkan akal.

العبرة بعموم اللفظ لا بخصوص السباب

2. hadit nabi merupakan pemberi penjelasan terhadap apa yang datang dalam alqur'an, jika hal itu tidak dijelaskan nabi terutama dalam hal aqidah berarti itu merupakan pekara gaib yang hendaklah diimani bukan dita'wil dengan akal. oleh.karna itu tafsir inbu katsir banyak digunakan kaum muslimin.

3. dalam pengambilan dalil, maka terdapat tingkat kekuatan derajatnya. 1. alqur'an, 2. hadit nabi shohih hingga derajat hasan, 3. perkataan sahabat nabi dari abu bakar sampai yg terakhir bersahabat dengan nabi. 4. tabiin, 5. tabiut tabiin, 6 ulama yang berpegang teguh terhadap apa yang mereka dapati dari alquran sampai dari kalangan tabiut tabiin.

pengakuan ahlu sunnah wal jamaah dilisan tidaklah menjadi dalil kuat bahwasanya itu benar adanya, butuh pembuktian yang harus dicocoknya berdasarkan apa yang diyakini dan diamalkan para salaful ummah (dari kalangan sahabat sampai tabiut tabiun yang mengamalkan sunnah nabi).pengakuan bermazhab imam syafii namun dalam hal aqidah tidak sejalan terhadap imam syafii, ini suatu aib.

aqidah merupakan pekara ushul dalam agama islam, jika ushul rusak tentulah cabang dan rantingnya juga berpengaruh. sehebat apapun dalam hal fiqh (furu) namun aqidah menyimpang dari garis lurus maka dampak terparah adalah sia-sianya nilai ibadah tersebut, nauzubillah.

harga diri ibu kandung yang nama baiknya dicoreng maka seorang anak akan berusaha mati-matian membela harga diri ibunya. apalagi dalam hal aqidah karna jika menyimpang akan menimbulkan murka Allah ta'ala walaupun lisannya berkata lembut namun tajam dengan penistaan terhadap keagungan Allah ta'ala.

beberapa nukilan perkataan bapak abu abdurrahman zein dan bantahan ana selaku admin blog ini.

bapak abu abdurrahman zein
"Kata bapak Atri Yuanda Al Pariamany bahwa Allah itu di 'arsy.Sedangkan kita ahlussunnah mengatakan bahwa Allah itu ada tanpa bertempat"

admin"yach memang benar adanya bahwasanya allah ta'ala di atas arsy, berdasarkan apa yang datang dari alqur'an dan hadit shohih nabi dan didukung oleh banyak ulama akan pembenaran adanya Allah ta'ala dzatnya berada diatas arsy. adakah dalil shohih yang membantah keberadaan allah ta'ala diatas arsy?, jawabannya tidak ada kecuali hanyalah ta'wil akli bathil "menta'wil dengan akal)"

bapak abu abdurrahman zein
"KISAH DEBAT IMAM ABU HANIFAH DENGAN SEORANG DAHRI Di kisahkan bahwa ada seorang Dahri atau Mulhid (atheis)"

"Imam Abu Hanifah: “Sesungguhnya Allah Ta’ala telah mengajarkan saya ilmu ta’bir mimpi. Dan mimpi ini adalah mimpi baik bagi kita dan buruk bagi musuh kita. Jika Tuan Guru izinkan, bolehlah saya ta’birkannya.”

Imam Abu Hanifah menambah: “Sebagaimana ruh tidak ada tempat di dalam tubuh, lemak tidak bertempat di dalam susu, maka Allah juga tidak bertempat di alam buana ini.”

admin
"kisah ini apakah bentuk bantahan imam abu hanifah tentang keberadaan allah ta'ala diatas arsy atau sebaliknya?, benarkah kisah ini?, jika benar, apakah bisa membantah alquran dan hadit nabi yang shohih akan keberadaan allah ta'ala diatas arsy?

samakah kedudukan mimpi abu hanifah dengan mimpi nabi muhammad shalllallahu alahi wassalam?
apa maksud dari alam buana?

sudah jelas adanya bahwasanya Allah ta'ala dzatNya tidak berada dimana-mana kecuali berada di atas ArsyNya yang agung. dari dialog tersebut tidak adanya bantahan akan keberadaan allah ta'ala. ini bentuk pembenaran pencarian bapak abu abdurrahman zein, nauzubillah. bisakah anda tunjukkan sumber referensi yang menjelaskan kebenaran perkataan imam abu hanifa yang menolak keberadaan dzat Allah ta'ala diatas arsy?.

baca juga
hukum tahlilan dan pengertiannya
tanda husnul khotimah
memusuhi pendakwah islam

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini