Hikmah buka mata dan fokus pada tempat sujud serta hukum syar’i

kumpulankonsultasi- Mata merupakan salah satu nikmat Allah ta’ala yang harus kita syukuri, bentuk rasa syukur dengan beribadah kepada Allah ta’ala dan termasuk perbuatan tercela ketika seorang hamba beribadah kepada Allah setelah mengetahui hikmah. Hikmah hanyalah nilai plus dalam pengamalan ibadah dan sunnah nabi, walaupun perintah dan larangan dalam ajaran islam belum diketahui maka hendaklah kita selaku seorang muslim tetap mengamalkan, itulah namanya pengamalan atas dasar iman.

Anda menderita otot mata lemah yang menyebabkan ketidak mampuan dalam melihat secara akurat?

Perhatikanlah solusi dari nabi muhammad shallallahu alahi wassalam, agar kembali pulih dan tetap terjaga kekuatan otot mata, maka laksanakanlah sunnah berikut ketika sholat (hendaklah ibadah niatkan karna Allah ta’ala bukan semata demi tujuan kesehatan ataupun tujuan dunia lainnya)
Ketika pelaksaan sholat, hendaklah mata tetap terbuka dan fokus mengarah ke tempat sujud.

Hikmah buka mata dan fokus pada tempat sujud

Dikala ruku: otot mata akan menekan lensa mata sehingga meningkatkan vis dan kembali longgar otot mata ketika bangun dari ruku

Dikala sujud: jarak pandang pendek sehingga lensa mata akan menyusut dan kembali kendur disaat kembali duduk.

Rutinitas seperti ini buka mata dan fokus pada tempat sujud akan melatih otot-otot mata yang lemah agar kuat dan menjaga kesehatan mata. Hal ini telah teruji oleh para ilmuan untuk meningkatkan kekuatan penglihatan mata.

Hukum asal menutup mata merupakan perkara yang dimakruhkan disaat sholat dalam syariat islam dikarenakan meniru kebiasaan yahudi namun diantara ulama membolehkan menutup mata jika dapat mempengaruhi kekhusyukan sholat secara syar’i, diantaranya seperti adanya benda atau gambar dll
من تشبه بقوم فهو منهم
“barang siapa menyerupai suatu kaum maka mereka bagian umat tersebut“(HR. Ahmad)
لحديث عائشة رضي الله عنها: "سألت النبي صلى الله عليه وسلم عن الالْتِفاتِ في الصلاة فقال: هو اخْتِلاس يَخْتَلِسُهُ الشيطانُ من صلاة العبد" رواه البخاري والترمذي.
Dari aisyah radhiallahu anha “aku telah bertanya kepada nabi muhammad shallallahu alahi wa sallam tentang menoleh pandang (selain tempat sujud) ketika sholat, maka nabi menjawab: pencurian (perampasan/penipuan), syeitan telah merampasnya dari sholat hambanya” (HR. Bukhari dan Tirmidzi)
إذا قام أحدكم في الصلاة فلا يغمض عينيه
“Jika telah berdiri salah seorang dari kalian ketika sholat maka janganlah menutup kedua matanya” (HR. Atthobrani dari ibnu abbas). wallahu a'lam
Hikmah buka mata dan fokus pada tempat sujud serta hukum syar’i
www.6oyor-aljanah.com
baca juga
bolehkah tawaf dikuburan
kenapa para nabi diutus
junub, pegang kaset rekaman qur'an
Powered by Blogger.