menghitung jam, ramadhan 1436 segera menyapa anda

kumpulankonsultasi- tidak terasa sudah berlalu ramadhan 2014 bertepatan 1435 hijriah dan alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan bertemu bulan yang penuh berkah pada tahun ini 1436 hijriah bertepatan  18 juni 2016. bulan ramdhan menyapa setiap individu muslim seluruh dunia dan khususnya muslim indonesia, bagaimana dengan anda?

menghitung jam, ramadhan 1436 segera menyapa anda
image ilustration from www.alhossna.com

senyum manis bulan ramadhan punya banyak arti dan cara pandang yang berbeda bagi setiap muslim melihatnya. tidak semua muslim membalas senyum manis bulan ramadhan ketika menyapa dengan balasan yang sama. yach tentunya banyak sebab, apalagi kita saat ini jauh dari zamannya salaful ummah, zaman dimana segala fitnah akhir zaman sudah mulai terbuka pintunya.

baca juga: adakah bid'ah hasanah

ketika ana (atri yuanda, selaku admin blog dakwah ini) pulang dari payakumbuh menuju dumai, pada pukul 15:30 PM lewat pasar di duri-riau. sungguh ramai manusia yang saling berkumpul, tanya ini itu, bawa barang banyak. eh.. setelah dipikir. oh iya. kan bentar lagi awal bulan ramadhan. subhanallah

menghitung jam, ramadhan 1436 segera menyapa anda
www.qwled.com

butuh kacamata keimanan dan landasan ilmu syar'i yang benar ketika memandang datangnya bulan suci ramadhan agar peluang emas mengumpulkan bekal amalan sholeh bernilai pahala yang berlipat karna itulah janji Allah a'ala bagi mereka yang beramal sholeh dibulan ramadhan. ini salah satu keutamaan bulan ramadhan dari bulan-bulan lainnya. sayangnya, keutamaan bulan ramadhan hanya tercantum dibuku tanpa pengamalan oleh pengikut nabi muhammad shallallahu alahi wassalam, uppsss bukan menuduh antum semua, hanya saja bagi mereka diluar sana yang tidak mau ambil peduli atau kondisi terpaksa? wallahu a'lam

fakta dilapangan, ada beberapa rutinitas yang dominan dilakukan setiap menjelang ramadhan hingga mendekati idul fitri

  • beli daging untuk awal ramadhan (boleh aja, tapi bagi yang tidak mampu jangan dipaksakan, apalagi ada keyakinan "ndak ada daging, kayaknya kurang afdhol puasanya" apa bener nih?
  • mandi balimau (istilah didaerah minang, mandi menyucikan diri sebelum ramadhan)
  • ziarah kubur sambil nebarin bunga 7 warna
  • lontong ketupat (kayaknya di asia tenggara aja deh, ini bukan ciri khas islam tapi budaya yang diislamkan, ndak ada ketupat pun ndak apa-apa)
  • bagi-bagi THR
  • asmara subuh (ini biasanya kalangan remaja, habis sholat subuh (bagi yang sholat) terus keluar ke jalanan bahkan ada yang pelukan kayak prangko, waduh gimana puasanya tuh yachh???), seharusnya baca alqur'an, nambah hafalan qur'an, ikuti kajian, mengais rezeki halal, bantu keluarga dan perkara yang dibolehkan dalam syariat islam, asalkan tidak menyebabkan terlalaikannya kewajiban
  • sekitar 10 awal ramadhan, mesjid biasanya dipadati jamaah. namun ada juga yang ramai diluar mesjid aja. itupun ketika mau tarawih. mendekati lebaran, shaf sholat kembali maju seperti semula. sepi jamaah sholat (padahal sholat merupakan amalan fisik yang pertama kali ditimbang dihadapan Allah ta'ala), yuk ramaikan mesjid ketika ramadhan dan diluar ramadhan (sholat yach bukan tujuan lain)
  • beli baju baru, sepatu baru, pacar baru (uppssss, dalam islam ndak ada istilah pacara sebelum nikah, ndak halal bro)
  • habis sahur tidur
  • buka puasa dengan berbagai makanan, padahal kapasitas perut tidak mampu menampung
menghitung jam, ramadhan 1436 segera menyapa anda
bagi yang punya tambahan komentar aja yach, soalnya banyak lagi namun rada-rada lupa admin hehe. ayo hidupkan ramadhan dengan amalan sunnah no bid'ah.

baca juga: 6 bulan praktek tanpa pasien

donasi anda membantu eksisnya blog dakwah kami ini, kirim ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama atri yuanda

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini