Siapa saja berhak memperoleh zakat

kumpulankonsultasi- Anda ingin menyerahkan zakat, namun tidak tahu, siapakah yang berhak menerima zakat ataupun sedekah anda. Bahwasanya Allah ta’ala telah menjelaskan dalam alqur’an surat attaubah ayat 60

{إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَاِبْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ}
“bahwanya sedekah untuk fakir, miskin, pengurus zakat, muallaf, orang terbelit hutang, mereka yang berjuang di jalan Allah, ibnu sabil, sebagai kewajiban dari Allah, Allah maha mengetahui, maha bijaksana”


Bahwasanya yang dimaksud sedekah disini adalah zakat wajib, adapun sedekah merupakan amalan sunnah setiap individu dan tidak ada pengkhususan kepada satu ama yang lain. Zakat wajib ini hanya ditekankan kepada mereka yang disebutkan dalam ayat diatas, jumlah mereka ada 8 golongan.


Fakir dan miskin: 2 keadaan ini berbeda, kondisi orang fakir lebih amat susah dan amat mebutuhkan dibandingkan orang miskin, bahwasanya allah ta’ala mendahulukan fakir kemudian orang miskin, demikian seterusnya berdasarkan tingkat kesusahan dan kebutuhan.

Pengurus zakat: mereka yang bertugas untuk mengumpulkan, mencatat dan menyerahkan harta maupun dana yang telah terkumpul dari para penyerah zakat dan kemudian diserahkan kepada mereka yang berhak.

Mereka yang dilunakkan hatinya (muallaf): pemberian zakat kepada mereka yang punya pengaruh dikampungnya, mereka yang diharapkan keislamannya, ataupun diberikan zakat kepada mereka yang punya peranan jahat agar menahan diri dari kejahatannya, atau mereka yang diberikan zakat agar bertambah kekuatan imannya seperti muallaf dan penyerahan zakat yang mana untuk melunakkan hati kepada mereka yang punya pengaruh ataupun dikhawatirkan islamnya dan demi masalahat.

Budak yang memerdekakan dirinya: budak yang telah membuat kesepakatan kepada tuannya untuk membebaskan dirinya dan berusaha melepaskan dirinya dari status budak dengan membayar sejumlah nominal yang telah dia sepakati dengan tuannya, maka disini peran zakat kaum muslimin untuk membantu budak yang memerdekakan dirinya. Dan memerdekan budak muslimah dari genggaman kafir, perkara ini sangat diutamakan demi menjaga aqidahnya.


Al-qarimun: hal ini dibagi 2
1. Penengah dalam hal perbaikan terhadap mereka yang punya sengketa ataupun masalah, seperti 2 orang atau kelompok yang membuat dampak negatif ataupun fitnah terhadap manusia, maka harus adanya seorang penengah untuk menyelesaikan permasalahan diantara mereka dengan memberikan harta kepada salah satunya atau keduanya dan jika memungkinkan maka digunakan zakat agar lebih menyemangati mereka dan lebih menguatkan maksud baik, harta tersebut diberika kepada salah satu maupun keduanya walaupun secara finansial telah mapan (kaya).

2. Terbelit hutang, ketidak mampuan untuk melunasi hutanganya, maka zakat berfungsi untuk meringankan hutang orang tersebut.

Pejuang dijalan allah, mereka berjuang dengan suka rela dan tanpa adanya lembaga yang menaungi kebutuhan mereka, maka zakat berperan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam hal perjuangan dijalan allah ta’ala seperti membeli senjata, kendaraan, nafkah dirinya dan keluarganya agar berjalannya jihad dan menenangkan hatinya.


Banyak dikalangan fuqoha berkata: jika ada segolongan manusia yang memfokuskan dirinya menuntut ilmu syar’i dan ilmu yang bermanfaat bagi kepentingan kaum muslimin secara umum, mereka berhak mendapatkan zakat, dikarenakan menuntut ilmu juga termasuk jihad di jalan allah.

Dan berkata juga: boleh juga zakat diberikan kepada fakir untuk haji wajib (perkara ini masih dalam perbincangan)
Siapa saja berhak memperoleh zakat
image ilustration from awiwicaksono.com
Ibnu sabil: orang asing yang terputusnya perbekalannya di negeri orang lain, mereka memperoleh hak zakat yang mencukupi mereka untuk sampai ke negeri mereka

Sumber: tafsir syeikh sa’dy rahimahullah
diterjemah oleh atri yuanda al-pariamany, Jika terdapat kesalahan dalam penjabaran mohon dikontak kami.

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini