melirik keindahan mesjid raya gunung tua sumut

10 terakhir ramadhan tahun 1436 hijriah, ana bergerak meninggalkan kota sidimpuan menuju kota dumai melewati jalur gunung tua. berangkat setelah melaksanakan shalat subuh kemudian melanjutkan perjalanan. safar dilakukan sendirian tanpa ditemani siapapun, menggunakan sepeda motor fulsar 135 lc keluaran bajaj (sepeda motor pinjaman milik adik, moga allah arrozzaq lapangkan rezekinya dan mendapatkan istri sholehah).

memilih berangkat pagi dikarenakan udaranya yang masih amat segar dan kondisi alam yang masih dominan dengan tumbuhan-tumbuhan dibandingkan bangunan dan memilih hari ahad keberangkatan dikarenakan kebanyakan polisi jarang razia, walaupun ada juga razia ketika masuk perbatasan propinsi, ketika itu antara kota pinang dan kota bagan batu. alhamdulillah, aman dari razia karna lewat jalan tikus (menghindar razia karna stnk ndak ada, dikarenakan dicuri maling, hadahulllah).

melirik keindahan mesjid raya gunung tua sumut
mesjid raya gunung tua

2 jam perjalanan dengan kecepatan rata-rata 40-50 km/jam, akhirnya sampai juga ke kota gunung tua sumut, segi positif melakukan safar di indonesia adalah mayoritas muslim, jadi ketika ingin berhenti atau singgah, banyak ditemui mesjid dengan berbagai corak dan design yang menarik hati untuk singgah. ana punya kebiasaan sholat dan berkunjung di banyak mesjid apalagi mesjid yang punya daya tarik sendiri.

sambil istirahat, disaat cuaca pagi yang cerah dan udara masih segar, jalan-jalan sejenak melihat lingkungan mesjid raya gunung tua sumut, terlihat menaranya yang tinggi.

melirik keindahan mesjid raya gunung tua sumut

sepeda motor fulsar 135 lc lagi parkir di samping mesjid raya gunung tua sumut, perkarangan mesjid yang luas sehingga dapat menampung banyak lokasi parkir dan jamaah sholat. bawa tas tandanya mau melakukan perjalanan jauh nih.

melirik keindahan mesjid raya gunung tua sumut

 terlihat seorang wanita yang sedang membersihkan perkarangan mesjid yang cukup luas, masjid raya gunung tua sumut terdiri 2 lantai, adapun tempat sholat pada lantai 2. posisi masjid tepat ditengah kota dan berada pada jalur lintas sumatra menuju 3 ibukota propinsi: pekanbaru, medan dan padang.

melirik keindahan mesjid raya gunung tua sumut

subhanallah, indoor tempat pelaksaan sholat berjamaah di mesjid raya gunung tua sumut luas, lagi sepi dari para hamba allah yang meramaikan rumah rumah allah ta'ala tapi begitulah kenyataannya, walaupun sudah datang waktu pelaksanaan sholat berjamaah, namun hiruk pikuk dunia lebih menggoda mereka dari pada hadir untuk memenuhi panggilan rindu sang robbul a'lamin.

melirik keindahan mesjid raya gunung tua sumut

bagi konsuler yang suka meramaikan mesjid (maksudnya ikut hadir kajian ilmu dan sholat berjamah), inilah pemandangan dari dalam ke luar mesjid raya gunung tua sumut, cantik dan sejuk yach.

melirik keindahan mesjid raya gunung tua sumut

suasana di lantai 1 mesjid raya gunung tua sumut, posisi belakang mesjid dekat dengan kamar mandi dan tempat wudhu

melirik keindahan mesjid raya gunung tua sumut

nah ini tempat wudhu, khusus ikhwan (pria), yang perempuan sebelahnya tapi ndak mungkin ana masuk, bahaya hehe. namun strukturnya hampir sama kok.
begitulah informasi mengenai mesjid raya gunung tua, jangan lupa mampir yach kalau anda melakukan perjalanan melewati
gunung tua sumut dan bagi anda yang menetap dekat dengan mesjid raya gunung tua sumut, anda lebih berhak meramaikan rumah allah ta'ala dari pada para musafir.

baca juga
wudhu satu kali untuk shalat fardhu

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini