10 Kunci Kebahagiaan dalam Surah Alam Nasyrah

Pada Alquran Alkarim ada kunci-kunci kebahagiaan seseorang, di dunia dan akhirat, bagi yang merenungi dan mentadabburinya. Berikut ini adalah renungan singkat tentang kunci kebahagiaan di surah yang agung dan pendek ini..

🌿 Kunci 1:
Kebahagiaan itu hanya ada di tangan Allah. Hal terdapat pada firman-Nya, "Bukankah Kami yang melapangkan..." maka hanya Allah yang bisa melapangkan dada, bukan yang lain. Kebahagiaan adalah salah satu ciptaan Allah. Allah ciptakan nama-nama berikut esensinya seperti kematian dan kehidupan. "Dialah yang menciptakan kematian dan kehidupan." dan diantara esensi itu adalah kebahagiaan. Lalu beliau letakkan ciptaan (kebahagiaan) ini di hati siapa saja yang dikehendaki dengan karunia-Nya, maka dia bahagia dan tertawa. Dia juga yang mencabutnya dari siapa yang dikehendaki, maka dia menderita dan menangis. "Dan Dia yang Membuat tertawa dan menangis."


🌿 Kunci 2:
Sebahagiaan adanya di hati, bukan di akal. Sebagaimana firman-Nya, "...dadamu." dan dada adalah ungkapan untuk hati sebagaimana firman-Nya, "Akan tetapi yang buta adalah hati yang ada di dalam dada." dan pimilik hati yang sesunggunya hanyalah Allah. Dialah yang berhak membolak-balikkan dan mengarahkan hati. Dan hati ini menjadi baik hanya karena ketaatan. "Jika seorang hamba berdosa maka ada noktah hitam di hatinya, dan jika ia bertaubat ia menjadi bersih." (alhadits)

🌿 Kunci 3:
Diampuninya dosa-dosa. Sebagaimana firman Allah, "Dan Kami hilangkan darimu bebanmu." Tiap kali seseorang merasa ringan dari dosa maka ia lebih dekat dengan kebahagiaan. Alquran mengibaratkan Wizr dengan beban yang mematahkan punggung, "Yang memmbebani punggungmu." Lalu, dosa-dosa itu bisa diampuni dengan taubat, istighfar, kebaikan yang menghapus (dosa), dan amal di momen-momen kebaikan.

🌿 Kunci 4:
Terjaganya nama baik. Sebagaimana firman-Nya, "Dan Kami angkat nama baikmu." Nama membuat orang lain mendoakan kebaikan untuknya, lisan dan jiwa pun terdorong memujinya. Dari firman Allah, "Dan Kami angkat.." bahwa nama baik itu anugerah, bukan karena dicari. Oleh karena itu pencitraan tidak akan membuat nama seseorang menjadi harum, namun ketulusan hanya karena Allah.

🌿 Kunci 5:
Allah tidak menciptakan kesulitan tanpa menciptakan kemudahan bersamanya. Seperti firman-Nya, "Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Jika seseorang memahami bahwa Allah tidak akan menciptakan kesulitan tanpa menciptakan kemudahan, tidak menciptakan masalah tanpa solusi, kegundahan tanpa hiburan, kesempitan tanpa kelapangan, tentu hal itu akan menghilangkan kegundahannya. Dia yakin pasti ada solusi, tinggal mencari saja.

🌿 Kunci 6:
Kemudahan datang saat datangnya kesulitan. Sebagaimana firman-Nya, "Sesungguhnya bersama kesultan ada kemudahan." Dan Allah tidak mengatakan, setelah kesulutan ada kemudahan. Maka saat datang kesulitan, problem, dan kegundahan, datang pula kasih sayang Allah, kemudahan, dan keringanan dari-Nya. Sepertinya halnya adanya musibah, yang menjadi salah satu sebab diampuninya dosa-dosa dan dosa merupakan salah satu sebab datangnya musibah dan kegundahan. Demikianlah kasih sayang dan kemudahan Allah bekerja, hingga tersingkap kegundahan, tersibak rasa sempit, dan lenyap kesulitan.

🌿 Kunci 7:
Tiap kesulitan ada dua kemudahan, karena pengulangan ayat, "kemudahan" yang menunjukkan penggandaan. Oleh karena itu Salafus Shalih berkata, "Demi Allah, satu kesulitan tidak akan mengalahkan dua kemudahan."

🌿 Kunci 8:
Mengoptimalkan waktu luang, sebagaimana firman Allah, "Apabila kamu telah selesai.." ini adalah isyarat agar tidak ada waktu kosong bagi seseorang. Seperti disebutkan di hadits shahih, "Ada dua nikmat yang banyak orang merugi karenanya; kesehatan dan waktu luang."

🌿 Kunci 9:
Banyak beribadah, firman Allah, "maka bersungguh-sungguhlah", artinya segera lakukan ketaatan dan ibadah. Karena ibadah adalah pintu kebahagiaan terbesar. Ungkapan populer Syaikhul Islam, " Barangsiapa menghendaki kebahagiaan abadi, hendaknya ia berpegang teguh pada pintu gerbang ibadah."

🌿 Kunci 10:
Ikhlas hanya mengalihkan semua keinginan kepada Allah, bukan yang lain. Firman Allah, "Dan hanya kepada Tuhanmu, kamu berharaplah."
Dan merealisasikan semua nilai ini adalah ujung yang indah dari tulisan ini.

10 Kunci Kebahagiaan dalam Surah Alam Nasyrah
image from www.lampuislam.org
(Dr Abd Muhsin Al-Muthairi)

posting ini bermanfaat? bantu kami dengan klik like/share, syukron

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

artikel baru hari ini :

cari artikel ?. ketik dibawah ini