simak, 20 pelajaran penting disaat kesulitan menyapamu

kumpulankonsultasi- Saat kesulitan mengajariku. Kesulitan hidup adalah jalan yang mesti dilewati oleh setiap yang berada dlm kehidupan. Pedang cobaan akan terus bergerak, nyaris tidak ada yang selamat dari tebasannya.

Diantara cobaan terberat adalah: ditertawakan oleh musuh serta dikhianati oleh teman.

Semoga poin-poin berikut jadi hiburan bagi yang bersedih, sebagai pengingat bagi yang lupa, barang siapa yang mempelajari pengalaman orang lain, sekan-akan ia telah menambahkan umur orang lain kedalam umurnya, dan niscaya kecerdasannya akan bertambah dengan kecerdasan mereka.

1. Aku belajar: agar tidak takut terhadap segala makar musuh, agar tidak gentar dengan segala rencana mereka, karena segla ketetapan ada ditangan Allah.

2. Aku belajar: agar tidak bersedih atas pengkhianatan seorang kawan, karena segala bentuk kelapangan ada dalam genggaman Allah.

3. Aku belajar: agar tidak bersedih karena sejumlah wajah yang telah berpaling, karena kebahagian adalah pemberian Allah, bukan pemberian mereka.

4. Aku belajar: agar tidak berduka atas cerita dusta karya orang-orang bodoh, sebab kunci syurga berada ditangan Allah bukan ditangan mereka.

5. Aku belajar: agar tidak takut kehilangan pemberian manusia, sebab rezeki berada ditangan Allah, bukan ditangan mereka: Allah berfirman:

( مَّا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِن رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِن بَعْدِهِ)
"Apapun yg akan diberikan oleh Allah brupa rahmat, niscaya tdk akan ada yg dpat menahannya, dan apapun yg ditahan oleh Allah, niscaya tdk ada yg dapat memberinya selain Allah"

6. Aku belajar: agar tidak mengadukan kezaliman kepada manusia sebelum mengadukannya kepada Allah, karena Allah berfirman:

(أَمَّن يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ)
" Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan...

7. Aku belajar: agar tidak menagih terima kasih dari siapapun, karena yang maha berterimakasih hanyalah Allah.

8. Aku belajar: agar tidak menyampaikan cerita duka kepada manusia, karena yang maha kuasa dan maha pemberi adalah Allah, maka segala genangan duka didalm hati hanya aku tumpahkan dihadapan Rabbku.

9. Aku belajar: agar tidak bersandar kepada siapapun, karena yang maha mencukupi dan maha lembut hanyalah Robbku

(وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ)
"Dan barang siapa yg tawakkal kpd Allah, niscaya Allah akan mencukupinya...

10. Aku belajar: agar tidak menghamparkan hajat dan kebutuhan dihadapan manusia, sebab yang maha menutupi segala hajat hnyalah yang maha memiliki manusia, bukan yang memiliki harta.

11. Aku belajar: agar tidak gembira atas pujian manusia, dan agar tidak gelisah atas celaan mereka, krn yang pujiannya adlh kemuliaan,dan celaanny adlh kehinaan adalah Allah.

simak, 20 pelajaran penting disaat kesulitan menyapamu

12. Aku belajar: agar tidak membalas kejahatan orang zalim, karena pembalasan yang maha kuat lebih dahsyat dari pembalasanku yang doif.

13. Aku belajar: agar tidak gundah atas segala ketetapan Allah, karena gundah hanya terhapus dengan senyum ridho, bukan dengan keluhan murka.

14. Aku belajar: agar tersenyum untuk setiap takdir, sebab pilhan Allah untukku lebih baik dari pilihanku untukku, meski terkadang pilihannya terasa pahit.

15. Aku belajar: agar tidak galau dengan segala kekawatiran masa depan, sebab yang maha pengasih dan penyayang akan mengatur putaran waktu dan hari sesuai dengan rahmat dan hikmah.

16. Aku belajar: agar tidak membebani pikiran dengan aneka perkiraan-perkiraan buruk, karena myoritas perkiraan-perkiraan tersebut tidak terjadi.

17. Aku belajar: agar senantiasa optimis dan husnuzon kepada Allah, sebab Allah berada didalam prasangka hambanya:

( أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي)
"Aku berada disisi perangka hamvaku atasku"

18. Aku belajar: agar tidak mengeluh kepada siapapun, karena yang maha pengasih hanyalah Allah.

19. Aku belajar: agar tidak memutus pemberian, meski dengan kekecewaan, karena yang maha membalas kebaikan adalah Allah.

(وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ)
"hendaklah kakian benar2 memaafkan, tidakkah kalian suka diampuni okeh Allah...

20. Aku belajar: agar tersenyum didalam luka, agar para kekasih tidak bersedih, dan agar musuh tidak tertawa.

عبدالله بن أحمد الحويل،  ١٤٣٧/٢/٢٠
Syariful Mahya, copas dari dakwah media via whatsapp, sedikit editan oleh admin tanpa merubah maksud tulisan. image ilustration from: celuktherapi.com

posting ini bermanfaat? bantu kami dengan klik like/share, syukron

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

artikel baru hari ini :

cari artikel ?. ketik dibawah ini