ISLAM DAPAT RUNTUH DI TANGAN 4 JENIS MANUSIA

kumpulankonsultasi- Islam ternyata tidak hanya dapat runtuh oleh musuh-musuhnya, Islam juga bisa tumbang oleh pemeluknya sendiri. Ada 4 jenis pemeluk Islam yang amat sangat berpengaruh terhadap lunturnya Islam.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan :

"Muhammad bi Al-Fdhl menyebutkan : 'Islam akan runtuh di tangan 4 jenis manusia :
(1) Manusia yang tidak mengamalkan ilmu,
(2) Manusia yg beramal tanpa ilmu
(3) Manusia yang tidak beramal jua tidak berilmu
(4) Manusia yang menghalangi orang lain menuntut ilmu.'"

 Menurut Ibnul Qayyim :
1.Jenis pertama, memiliki ilmu namun tiada beramal, adalah orang yang sangat berbahaya bagi kalangan awam, sebab mereka akan menjadikannya argumentasi dalam setiap perilaku keliru mereka.

2.Jenis kedua, rajin beribadah namun jahil, orang pasti akan berbaik sangka terhadap ibadahnya, terhadap setiap kebajikannya lantas menjadikannnya panutan padahal dia atas kejahilan.

Kedua jenis di atas disebutkan oleh sebagain ulama salaf dalam sebuah ungkapan masyhur : "Jauhilah fitnah orang alim yang jahat dan ahli ibadah yang jahil, sebab fitnah keduanya merupakan fitnah yang paling berbahaya bagi setiap orang".

3.Jenis ketiga, tidak berilmu jua tidak beramal, mereka tak ubahnya seperti binatang liar.

4.Jenis keempat, agen-agen Iblis di muka bumi, mereka adalah orang-orang yang menghalangi manusia dari menimba ilmu dan memperdalam agama, bagi manusia mereka lebih berbahaya ketimbang setan dari kalangan jin, mereka memalingkan hati dari petunjuk Allah dan jalan untuk menggapainya.
(Sumber bacaan: Miftah Daar Assa'adah, Ibnul Qayyim)

Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua, serta bisa sebagai acuan untuk senantiasa memperbaiki amal kita diatas sunnah Nabi Shollallaahu 'Alaihi Wa Sallaam. Semoga kita dijauhkan dari fitnah fitnah tersebut.
Powered by Blogger.