pendakwah harus punya bisnis mandiri

kumpulankonsultasi- dakwah adalah perkara yang amat disukai oleh Allah sebagaimana Allah sebutkan dalam alquran surat alfussilat ayat ke 33, tertarik menulis artikel ini, mengingat sebuah kata nasehat seorang kyai haj maimoen zubair.

beliau walaupun sosoknya tidak dapat ana jumpai saat ini, tapi nasehat berharga dikarenakan kedalaman pemahaman akan ilmu agama islam dan panjangnya hidup yang beliau jalani sehingga berbuah pengalaman hidup amat berharga, patut untuk diambil pelajaran bagi generasi selanjutnya.
pendakwah harus punya bisnis mandiri
baca juga: kenapa aku harus bersedih

dakwah adalah kebutuhan bagi setiap muslim, baik dia berstatus guru, dosen dan kyai dan orang awam sekalipun, tetap saja dakwah harus disampaikan kepada siapa saja yang patut memperoleh hidayah indahnya islam.

nasehat menggugah yang beliau sampaikan, senada dengan banyak para ustadz, kyai, dai dan lainnya, bahwa usaha sampingan perlu dijalani karna akan banyak memperoleh manfaat dunia dan akherat, namun tetaplah dakwah dijalani.

karna fitnah harta dan kedudukan pun dapat menerpa para pendakwah, semua ini butuh rasa keikhlasan, sifat qonaah dan banyak memohon perlindungan kepada Allah arrahman agar terhindar fitnah dunia dan tetap istiqomah dijalan dakwah.

pentingnya usaha sampingan untuk pendopang dakwah sehingga tidak menjadikan dakwah sebagai ladang usaha dan menaikkan popularis belaka. jadikan usaha sebagai bentuk wibawa layaknya ustadz, sehingga diberi atau tidaknya tidak menjadi beban dikarenakan kemampuan secara finansial sudah tertutupi oleh bisnis mandiri atau kerja pada suatu perusahaan, apapun itu yang penting halal.

baca juga: nasehat untuk tidak mendahului imam 

akan tetapi perlu juga sikap kepedulian semampunya demi kesejahteraan para dai dan pengajar terutama mereka hampir 100% banyak waktunya di dakwah, hal ini tentunya bisa menghalanginya membuka usaha. apapun itu, sesama kita haruslah saling pengertian antara penuntut ilmu, donatur, dan pendakwah. kita ini saling membutuhkan dalam hal sosial dan dakwah. wallahu a'lam

ditulis oleh atri yuanda, silahkan share.

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini