4 kementrian alokasikan dana untuk pengembangan wisata di tanah datar

istano baso pagaruyuang
image ilustration from indonesiakaya.com
Pengembangan pariwisata Sumatera Barat kedepan dan Kabupaten Tanah Datar khususnya, empat Kementerian secara bersama-sama turut mengalokasikan anggaran pembenahan Istano Basa Pagaruyung dan pembangunan baru objek wisata di Tanah Datar.

Diantara empat Kementerian tersebut adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Mentri Dalam Negeri dan Kementerian Pekerjaan Umum. Masing-masing Kementerian menganggarkan pengembangan dan pembangunan objek wisata baru yaitu pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Pagaruyung di depan Kantor Bupati, pembangunan ekowisata dan jenjang seribu satu di Bukit Batupatah terletak pas di belakang Istano Basa Pagaruyung.

"Ini sudah dimulai dengan program pembangunan multiyear sejak tahun 2011=2014 lalu, dan akan berlanjut hingga tahun 2018. Wisata agro dan perkampungan kuno ini memiliki areal seluas 2,5 hektar yang lokasinya saat ini sudah dibebaskan, kemudian untuk pembangunan jenjang Bukit Batupatah yang akan selesai dalam tahun ini, akan sangat menunjang kemajuan wisata kita," sebut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Marwan senin 14 Maret 2016 kepada awak media.


Dikatakan Marwan, anggaran untuk pengembangan pariwisata tersebut oleh masing-masing Kementerian dianggarkan diantaranya, Kementerian Dalam Negeri sebesar Rp.1,2 miliar untuk tiga tahun anggaran, dari Kemparekraf sebesar Rp.1,03 miliar untuk tahun ini, Rp.1 miliar dari Kemendikbud, sedangkan dari Kementrian PU dialokasikan sebesar Rp.8 miliar dan Rp.1 miliar anggaran khusus dari Presiden.

"Kita optimis kemajuan pariwisata Tanah Datar akan semakin baik sehingga dengan pengemabangan dan pembangunan objek wisata RTH Pagaruyung dan jenjang seribu satu serta ekowisata tersebut, kunjungan wisata Tanah Datar dari tahun ketahun akan meningkat baik wisatawan domestik maupun mancanegara," sebut Marwan optimis. (romeo/minangkabaunews)

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini