ada lebih dari 300 golongan pecahan agama syiah, tahukah anda?

Dijelaskan dalam kitab Daairatul Maarif bahwa Syi'ah ini bercabang-cabang menjadi lebih dari tujuh puluh tiga golongan yang terkenal.[1]
ada lebih dari 300 golongan pecahan agama syiah, tahukah anda?
korban doktrin sesat syiah, nih lagi lumurin taik ulama syiah kebadannya
Bahkan disinyalir sendiri oleh seorang Rafidhah bernama Mir Baqir ad-Damad[2] bahwa haditsyang menjelaskan tentang terbaginya umat menjadi 73 go-longan adalah Syi'ah, dan yang selamat dari golong-an-golongan ini adalah Syi'ah al-Imamiyyah.

Dikatakan oleh al-Maqrizi bahwa golongan mere-ka berjumlah sampai tiga ratus golongan.[3]

Disebutkan oleh asy-Syahrastani bahwa Rafidhah terbagi menjadi lima bagian: al-Kisaaniyyah, az-Zaidiy-yah, al-Imamiyyah, al-Ghaaliyah dan al-Isma'iliyyah.[4]

Al-Baghdadi berkata: “Rafidhah setelah masa Ali bin Abi Thalib t terbagi menjadi empat golongan, Zaidiyyah, Imamiyyah, Kisaniyyah dan Ghulaat”[5] de-ngan satu catatan bahwa Zaidiyyah tidak termasuk ke dalam golongan Rafidhah, namun ada kelompok al-Jarudiyyah sempalan dari Zaidiyyah yang masuk ke dalam Rafidhah.


kitab referensi
[1] Daairatul Ma'arif, 4/67
[2] Dia adalah Baqir bin Muhammad al–Istirabadi, lebih dikenal de-ngan nama Mir ad-Dammad, meninggal tahun 1041. Lihat bio-grafinya dalam buku al-Kuna wal Alqaab¸ karya Abbas al-Qummi: 2/226.
[3] Al-Maqrizi, al-Khutat, 2/351
[4] Asy-Syahrastani, al-Milal wan Nihal, 147
[5] Al-Baghdadi dalam al-Farqu Bainal Firaq, 41

Powered by Blogger.