alhamdulillah, ITS halal center Siapkan Kapsul Halal Gantikan Gelatin Babi

alhamdulillah, ITS halal center Siapkan Kapsul Halal Gantikan Gelatin Babi
ITS Halal Center diresmikan di Surabaya, Kamis (24/3). Ketua ITS Halal Center Fredy Kurniawan menjelaskan, lembaganya tidak hanya akan melayani kebutuhan masyarakat terkait dengan pemeriksaan prosedur untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Namun, nantinya juga melakukan penelitian-penelitian terkait dengan bahan pengganti yang banyak digunakan masyarakat dan masih menjadi perdebatan dari sisi kehalalannya.

Ia mencontohkan kapsul pembungkus obat yang hingga saat ini sebagian masih menggunakan gelatin babi. Karena termasuk kategori darurat, masyarakat seolah menjadi biasa untuk mengonsuminya. "Kami sedang melakukan penelitian untuk membuat kapsul dari bahan yang lebih halal, yakni rumput laut dan tumbuhan lidah buaya," ungkapnya.

Selain melakukan penelitian terkait bahan pengganti produk haram dengan bahan halal, lanjut Fredy, ia juga telah mendesain alat untuk mengetahui apakah suatu bahan makanan, minuman, atau obat tersebut mengandung babi yang diharamkan oleh umat Islam atau tidak.

Alat tersebut bernama Quartz Crystal Microbalance atau sensor gelatin. Dengan cara sederhana tersebut, langsung bisa diketahui hasilnya mengandung babi atau tidak.

"Cara kerjanya cukup sederhana dan mudah dimengerti. Tinggal masukan bahan yang mau diuji, kemudian akan teridentifkasi apakah bahan itu halal atau haram lewat sinyal yang dihasilkan dari bahan tersebut," katanya menerangkan.

repost from republika

posting ini bermanfaat? bantu kami dengan klik like/share, syukron

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

artikel baru hari ini :

cari artikel ?. ketik dibawah ini