bagaimana menyikapi jika imam subuh melakukan qunut

bagaimana menyikapi jika imam subuh melakukan qunut
ilustration from youtube.com
di tempat kami ada imam masjid yang selalu gunut di sholat subuh, dan kami berbincang dengannya mengenai itu (qunut subuh) dan imam tersebut bersikukuh dengan mengambil pendapat imam syafii rahimahullah, adapun kami tidak qunut bersamanya (imam tersebut), apakah kami tetap sholat dimesjid tersebut atau pindah sholat di mesjid lain?

jawaban
tidak apa apa anda ikut sholat dan qunut bersamanya, dikarenaka perkara ini terdapat syubhat di dalamnya oleh sebagian ahli ilmu maka tidak apa apa, dan jika memungkinkan sholat di mesjid lain maka itu lebih afdhal, jika ada yang tidak ingin qunut. adapun yang ingin tetap qunut atas dasar bermazhab syafii atau malik maka tidak apa apa dikarenakan dia tidak tahu. perbuatan taklid, kebanyakan dilakukan oleh manusia. bagi anda yang sholat dengannya (imam yang qunut) maka tidak apa apa in sya allah.

dan jika ditinggalkan pelaksanaan qunut subuh maka itu lebih baik baginya kecuali terjadi musibah terhadap kaum muslimin berupa serangan musuh islam, maka ditegakkan qunut shubuh dan selain sholat subuh untuk mendoakan keburukan kepada mereka musuh islam. adapun qunut yang biasa dilakukan pada sholat witir maka dilakukan ketika waktu fajar: (ya allah tunjukilah kami dan orang orang yang engkau beri petunjuk). inilah yang benar, di dalam syariat islam, hendaklah pengkhususan qunut pada subuh ditinggalkan. wallahu a'lam (teks asli di binbaz)

nota: jika ada kesalahan terjemahan, konfirmasikan kepada kami, syukron
Powered by Blogger.