kabar gembira "mulai 1 april depan secara resmi harga BBM turun"

spbu pertamina
image from fastnlow.net
Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar bakal turun kurang dari Rp 1.000 per liter per 1 April 2016. Penyesuaian tersebut sejalan dengan harga minyak dunia yang melemah.

"Penurunannya tidak sampai 1.000 per liter. Nanti hari Senin atau Selasa depan. Kalau dibocorin sekarang, tidak akan ketemu lagi," ujar Menteri ESDM Sudirman Said saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (24/3).

Kementerian ESDM bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Pertamina (Persero) menghadiri rapat koordinasi stabilitas harga BBM dan Elpiji. Rapat ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Sudirman mengatakan pemerintah mengevaluasi harga BBM setiap tiga bulan. Penurunan harga yang diumumkan pada akhir Maret ini bakal berlaku 1 April-30 Juni 2016 melalui keputusan menteri (kepmen).

Ia menuturkan, kajian harga BBM mempertimbangkan harga minyak dunia, kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), serta efisiensi mata rantai pasokan.


"Supply chain kita makin baik, harga minyak dunia turun, rupiah menguat. Jadi penurunan harga BBM signifikan," ujar dia.

Sudirman menuturkan, pemerintah ingin menjaga stabilitas harga BBM, sehingga kementeriannya tidak akan memangkas habis harga BBM tepat di harga keekonomian. Artinya, penurunan BBM tersebut masih di atas harga keekonomian saat ini.

"Jadi tidak persis mentok harga keekonomian, tapi mendekati harga keekonomian. Supaya kita masih ada simpanan untuk jaga-jaga kalau Juli harga BBM naik. Juli ada Lebaran dan musim libur, jadi kasihan masyarakat yang paling bawah," kata dia. (LP6)

sumber harianandalas
_____________________________
dapatkan pesan dakwah harian di inbox whatsapp anda

Cara daftar
Ketik nama#usia#asal daerah kemudian kirim ke no whatsapp kami ini 0852 6177 8185

Simpan no whatsapp kami dgn nama "1hari 1ilmu"

Jadilah anda petunjuk jalan dan dapatkan setiap kebaikan dari orang yg anda ajak
yuk, subcribe juga channel youtube jalan hidayah

Portal share artikel ustadz dan ulama sunnah
bantu kami share info ini

cari artikel ?. ketik dibawah ini