mantap, inilah 6 makanan khas sumbar patut anda coba

mantap, inilah 6 makanan khas sumbar patut anda coba

yuk ke sumbar refreshing melihat pemandangan alam yang masih alami tapi tidaklah lengkap tanpa hadir untuk mencicipi kuliner sumbar yang punya cita rasa yang banyak lidah merasa cocok dan pengen terus mencoba, nih ada 6 makanan khas sumbar versi sumbar.co, kalau menurut admin gimana?, kalau saya sih punya versi lain tapi memang dari 6 ini termasuk favorit saya hehe.

apa saja?, ini dia

1. Rendang daging
Entah mengapa, banyak masyarakat yang gemar sekali memakan rendang daging khas propinsi ini. Tampaknya, rendang milik Sumatera Barat memang tiada duanya. Bahkan, CNN pun menobatkan rendang daging dalam daftar 50 hidangan terlezat di dunia setelah melakukan jajak pendapat ke 35.000 orang tahun 2011!

Penggemar daging sapi pasti suka dengan rendang daging. Rasanya begitu sedap apalagi ada banyak campuran bumbu khas Indonesia seperti lengkuas, serai, cabe, serta larutan santan dari buah kelapa segar.

2. Dendeng Balado dan Batokok

Salah satu lagi masakan daging yang terkenal di Sumatera Barat yakni Dendeng Balado. Menu ini merupakan menu andalan di berbagai restoran khas Sumatera. Cara memasaknya pun cukup memakan waktu karena daging sapi harus dipotong tipis-tipis sebelum direndam dalam rempah-rempah lalu dijemur hingga kering. Proses penggorengannya pun harus benar-benar kering sebelum diberi bumbu Lado atau cabe merah. Dendeng lain yang jadi favorit yaitu Batokok. Mirip dengan dendeng balado, tapi daging batokok harus dipukul-pukul terlebih dahulu dengan cara ditumbuk sebelum digoreng.


3. Soto Padang

Lain halnya dengan Soto Madura, soto Padang memiliki citarasa gurih serta pedas. Kaldunya terbuat dari daging dengan campuran rempah-rempah. Penyajiannya pun disertai dengan perkedel kentang dan kerupuk merah. Makanan ini wajib dicoba ketika cuaca dingin!

4. Sate Padang
Sate memang sudah ada dimana-mana, namun citarasa Sate Padang tentu tidak sama dengan sate ayam biasa. Sate Padang merupakan istilah umum untuk menyebutkan sate Padang Panjang dan Pariaman. Bahannya pun bervariasi mulai dari daging sapi hingga jerohan seperti usus dan hati. Sausnya juga berbeda dari sate yang ada di jawa karena memakai saus bumbu kuning pedas tanpa kecap. Jadi, rasa yang dihasilkan lebih gurih dan pedas. Penyajiannya pun cukup unik karena ditabur dengan bawang goreng. Anda bisa memilih untuk memakan sate dengan nasi atau lontong.

5. Lamang Tapai
Nah, untuk yang suka manis-manis, makanan penutup ini bisa jadi pilihan Anda. Lamang Tapai terbuat dari beras ketan yang dimasak terlebih dahulu di dalam bamboo muda lalu diberi kuah santan. Pembuatannya pun cukup rumit, lho! Ruas-ruas bambu tersebut harus dijaga agar tidak sampai terbakar. Penyajian Lamang Tapai diberi taburan ketan hitam. Rasanya sangat khas dan nikmat– manis bercampur asam yang berasal dari tapainya.

6. Kalio Baluik
Kalio adalah sebutan untuk rendang basah dan daging yang digunakan adalah ikan belut. Makanan khas ini diolah dengan bumbu rempah dan santan serta diberi campuran kentang, pete dan teri. Bagi yang tidak suka masakan pedas, lidah bisa ‘terbakar’ saat mencobanya. Namun bagi penyuka masakan pedas, Anda akan ketagihan akan rasanya.

nah udah tau sekarang, bagi teman teman yang berwisata ke sumbar jangan lupa dicicipi salah satunya kalau sanggup kesemuanya hehe, kalau mau singgah ke kampung saya pun juga boleh.

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini