MUI harapkan bantuan perguruan tinggi wujudkan program "jaminan produk halal"

MUI harapkan bantuan perguruan tinggi wujudkan program "jaminan produk halal"
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin memberikan penjelasan tentang peran perguruan tinggi untuk membantu MUI dalam melaksanakan tugasnya tentang jaminan produk halal.

Adanya perguruan tinggi diharapkan dapat mengambil peran menentukan produk halal dan haram. "Halal secara konsep tidak akan pernah berubah, yang berubah adalah produk sesuai dengan kemajuan teknologi, maka perlu adanya keseimbangan dalam penentuan halal dan haram oleh banyak pihak, salah satunya Perguruan Tinggi," katanya peluncuran ITS Halal Center di Gedung Pascasarjana ITS, Surabaya, Kamis (24/3).

Ia menjelaskan, perguruan tinggi memiliki kedekatan dengan masyarakat dengan program pengabdian masyarakat pada "tri dharma" (pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat) yang dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat menentukan halal dan haram.

"Permasalahan produk di Indonesia tentang halal untuk makanan terangkum pada tiga kategori yakni sertifikasi, pengawasan dan penindakan," ujarnya.

Kiai Ma'ruf menyampaikan dengan adanya pusat kajian halal di perguruan tinggi akan mampu meningkatkan pemberdayaan umat dalam membangun kehidupan beragama melalui jaminan halal.

Acara yang digelar di Gedung Pascasarjana ITS Surabaya ini dihadiri oleh Guru Besar UIN Sunan Ampel, Prof. H. M. Roem Rowi, MA dan Kasubdit Produk Halal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Hj Siti Aminah SAg M.Pd.I. 

repost from republika

dibawah ini, posting terbaru kami di twitter "yuk baca and share"

dapatkan pesan dakwah harian di inbox whatsapp anda


Cara daftar
Ketik nama#usia#asal daerah kemudian kirim ke no whatsapp kami ini 0821 6826 4963

Simpan no whatsapp kami dgn nama "1hari 1ilmu"

Jadilah anda petunjuk jalan dan dapatkan setiap kebaikan dari orang yg anda ajak
Kunjungi dan baca artikel lainnya di
kumpulankonsultasi.com
https://telegram.me/mengenalislamyuk

Portal share artikel asatizah, informasi dan berita islam
bantu kami share info ini

cari artikel ?. ketik dibawah ini