solusi untuk istri hamil yang terinfeksi Virus Toksoplasma

Virus Toksoplasma
Assalamualaykum dokter, saya umur 32 tahun mempunyai istri yg divonis dokter kena tokso, indikasinya pernah melahirkan bayi yg tidak normal (tempurung kepalanya belum terbentuk) dan saat ini sedang hamil 2 minggu. Apa yang harus saya lakukan. seandainya harus terapi bagaimana caranya mohon penjelasannya…?

Jawaban:
Wa’alaikumussalam,

Mungkin yang dimaksud tokso adalah Toksoplasmosis yaitu penyakit yang disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii. Vonis terkena toksoplasmosis kurang cukup jika hanya berdasarkan pemeriksaan dan riwayat penyakit dahulu. Misalnya pernah melahirkan bayi yang tidak normal dengan tempurung kepala belum terbentuk. Untuk lebih pastinya kami sarankan anda untuk berkonsultasi kembali dan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyakit ini.

Jika memang positif dan pasti terkena toksoplasmosis ketika hamil., yang berbahaya adalah janinnya bisa terinfeksi juga kemudian bisa menyebabkan kecacatan yaitu hidrocefalus, perut bengkak (ascites), kebutaan, radang otak dan lain-lain. Bisa juga menyebabkan keguguran jika terserang pada tiga bulan pertama.

Jika seorang ibu hamil sudah terkena infeksi toxoplasma dengan diagnosis yang sudah pasti dari dokter. Maka terapi dan penanganan yang ditempuh adalah dengan memberikan antibiotik dengan pengawasan.

Antibiotik yang diberikan bisa:
Sulfa dan pirimethamin
Atau spiramycin dan clindamycin.

Antibiotik ini bisa menembus sawar plasenta dengan baik. Terapi tetap dilakukan terus sampai persalinan. Jika sudah melahirkan, maka bayi perlu diperiksa juga apakah terkena infeksi atau tidak (tertular jika pada pemeriksaan yaitu lgM adalah positif). Meskipun bayi tidak tertular tetap perlu dikontrol secara berkala dengan pemeriksaan. Pemberian antibiotik sebaiknya dilakukan segera mungkin pada minggu-minggu awal kehamilan dengan harapan bayi tidak tertular.
Kami sarankan jika memang terkena toxoplasma , segera kontrol rutin pada dokter spesialis kandungan. Demikian semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini