10 hal harus diketahui terkait fitur Enkripsi pada aplikasi whatsapp

aplikasi whatsapp
beberapa hari belakangan ini saya dapati pada aplikasi whatsapp muncul pemberitahuan berupa Fitur Enkripsi, saya sendiri masih heran akan kegunaannya tapi yang jelas harus di usut dan cari tahu. setelah berkelana di dunia maya, akhirnya saya dapati 10 hal harus diketahui terkait keberadaan fitur enkripsi pada aplikasi whatsapp, yuk simak.

1. Mulai Selasa malam, semua komunikasi WhatsApp dienkripsi. Ini artinya ketika Anda chatting dengan teman-teman Anda, penjahat cyber atau bahkan detektif pemerintah tidak akan mampu untuk mengakses data dan membaca obrolan Anda, sekalipun menggunakan jaringan Wi-Fi. Meskipun, mereka masih saja bisa melakukan hal itu dengan mencuri, menyita atau merebut hp kemudian membaca semua obrolan Anda.

2. Enkripsi WhatsApp adalah end-to-end. Ini berarti kunci untuk mengenkripsi chatting akan disimpan hanya oleh pengguna. Bahkan WhatsApp tidak memiliki kuncinya, sehingga pemerintah tidak dapat memaksa untuk meminta kunci tersebut dari perusahaan yang menjalankan aplikasi chat.

Berikut adalah bagaimana pendiri WhatsApp menjelaskan: “Idenya sederhana, ketika Anda mengirim pesan, satu-satunya orang yang bisa membaca pesan itu adalah orang atau grup obrolan yang Anda kirimi pesan. Tidak ada pihak lain yang bisa melihat ke dalam pesan itu. Sekalipun penjahat cyber, hacker, ataupun pemerintah. Bahkan, enkripsi end-to-end membuat komunikasi via WhatsApp menjadi pribadi. Semacam percakapan empat mata.”

3. Untuk keamanan tambahan, Anda bahkan dapat mengotentikasi chatting di WhatsApp. Hal ini, menurut WhatsApp, akan dilakukan antar pengguna melalui Kode QR atau 60 digit nomor.

4. Kekuatan enkripsi WhatsApp adalah 256-bit. Secara teoritis, mustahil untuk memecahkannya dengan metode brute force. Meskipun, mungkin ada kemungkinan celah yang bisa diakses instansi pemerintah seperti NSA di AS.

5. Jika Anda ingin menggunakan enkripsi WhatsApp, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendownload versi terbaru atau mengupdate aplikasi yang sudh didownload. Fitur tersebut nantinya diaktifkan secara default.

6. Sekarang semuanya telah dienkripsi di WhatsApp. Teks, foto narsis Anda, video lucu, bahkan tugas-tugas kelompok sekolah akan dienkripsi. Bukankah itu indah? Penjahat cyber bahkan tidak akan mampu mengendus semua “photoshopped” yang Anda terima dalam kelompok WhatsApp Anda.

7. Enkripsi tersebut diperkirakan tidak akan memiliki dampak yang signifikan pada pengalaman pengguna. Layanan ini akan, mungkin, terus dipercepat dan gratis.

8. Masalah besar tentang enkripsi WhatsApp adalah bahwa tiba-tiba lebih dari satu miliar orang di dunia memiliki akses komunikasi yang sangat aman dan pribadi. Ini belum pernah terjadi sebelumnya dan membuat WhatsApp bergerak indah dan menakutkan pada waktu yang sama.

9. Menurut WhatsApp, fitur terbaru ini dibangun dengan menggunakan “the Signal Protocol, designed by Open Whisper Systems”. Perusahaan mengatakan bahwa protokol ini secara khusus dikembangkan untuk menjaga pihak ketiga seperti penjahat cyber dan pejabat pemerintah mengakses komunikasi pribadi.


10. Pada saat konsep privasi hampir hilang, enkripsi WhatsApp mengubah aturan permainan. Ini mungkin akan memaksa perusahaan teknologi lainnya untuk menawarkan enkripsi secara default. Pendiri WhatsApp sendiri mengatakan, “Kami berharap bahwa (WhatsApp Encryption) akhirnya akan mewakili masa depan komunikasi pribadi.”

ternyata memberikan dampak positif bagi kita pengguna whatsapp karna pihak perusahaan berusaha menjagai keprivasian kita dengan teman obrol kita via whatsapp.

source by repelita

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini