Ada Kelas Bahasa Indonesia di 4 Sekolah di Kamboja

peta negara kamboja
Upaya penyebarluasan penggunaan Bahasa Indonesia yang selama ini dilakukan oleh KBRI Phnom Penh melalui Pusat Budaya Indonesia (Pusbudi Nusantara) seolah mendapat tambahan energi luar biasa dengan datangnya empat guru pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). 

Keempat guru BIPA tersebut merupakan bagian dari 80 orang pengajar BIPA yang dikirimkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) melalui Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) ke berbagai negara.

Empat guru BIPA yang ditugaskan di Kamboja tersebut disebar di empat institusi negeri Kamboja yaitu: National Polytechnic Institute Of Cambodia (NPIC), Industrial Technical Institute (ITI), Cambodia-India Entrepreneurship Development Institute (CIEDI) dan Regional Polytechnic Institute Techo Sen Takeo (RPITST). Kelas Bahasa Indonesia yang dibuka di keempat institusi tersebut merupakan kelas tambahan/ekstra kurikuler yang akan berlangsung selama 3-4 bulan. Saat ini telah terdapat kurang lebih 175 siswa yang belajar bahasa Indonesia di keempat institusi tersebut.

Salah satu guru BIPA di Kamboja menyampaikan kepada KBRI bahwa mengajar Bahasa Indonesia di Kamboja merupakan pengalaman yang paling seru dan unik karena harus menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan ‘Bahasa Tarzan’ untuk mengajar para siswanya. Keempat guru menyampaikan bahwa tantangan paling berat yang dihadapi dalam mengajar di Kamboja adalah ketidakmampuan mayoritas murid berkomunikasi dalam Bahasa Inggris sementara para guru BIPA juga tidak menguasai Bahasa Khmer.

KBRI Phnom Penh akan melakukan kerja sama lebih lanjut dengan para guru BIPA tersebut untuk meningkatkan kualitas pengajaran di Pusbudi Nusantara. Selain itu, juga akan diselenggarakan kegiatan konkrit lainnya guna mendukung pelaksanaan diplomasi kebahasaan. (KBRI Phnom Penh)

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini