inilah 5 alasan, kenapa anda harus rutin berenang

atlet berenang
Menemukan menu latihan olahraga yang cocok memang cukup susah untuk tiap individu. Porsi dan kemampuan yang berbeda tiap orang, membuat ribuan rekomendasi yang bisa kita temui dari televisi maupun internet serasa makin membingungkan.

Mungkin kamu sedang malas mengeluarkan uang lebih untuk membayar kelas Yoga, atau sedang malas pergi jogging karena cuaca sedang tak menentu. Berenang mungkin bisa jadi salah satu solusinya.

Meski berenang seringkali tak jadi menu berolahraga yang sering direkomendasikan, olahraga air ini punya banyak sekali manfaat di luar sekedar membakar kalori. Berikut beberapa manfaat dari berenang, dan semoga kamu bisa merasakan manfaatnya.

1. Berenang dapat membuat paru-paru sehat
Beberapa riset menunjukkan bahwa ada hubungan antara perenang dengan kapasitas paru-paru yang lebih baik daripada orang biasa.

Dengan paru-paru yang sehat, tubuh dapat memproses oksigen dengan lebih efektif. Hal ini akan membuatmu tak mudah kehilangan napas dengan mudah.

Paru-paru yang lebih kuat juga dapat membuatmu lebih kebal pada penyakit. Menurut sebuah studi yang dihelat tahun 2007, kapasitas paru-paru yang menipis dapat membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular.

2. Berenang bisa membawamu lebih dekat dengan alam
Jika kamu adalah orang yang beruntung bisa berenang di laut, danau, atau sungai, ini justru jadi kelebihan besar dalam hal kesehatan. Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam, dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara signifikan.

Jika kamu sengaja melakukan refreshing dengan pergi berenang ke pemandian alami yang dikelilingi hutan, atau pergi ke danau maupun laut, hal ini bisa menghilangkan stress dan memperbaiki suasana hati.

3. Berenang punya resiko yang kecil
Tidak seperti jogging atau latihan berat lain, berenang adalah cara untuk mendapatkan cardio di latihan rutinmu tanpa membuat tulang, sendi dan otot menjadi stres. Kamu tak akan merasakan sakit-sakit seperti ketika kamu habis melakukan latihan berat.

Hal ini membuat berenang jadi olahraga yang cocok untuk orang di segala usia dan segala bentuk tubuh. Terutama bagi para orang tua dan mereka yang mengalami peradangan sendi dan terhalang untuk olahraga berat.


4. Air dapat menenangkan
Air sudah lama menjadi simbol pembaharuan dan kejernihan. Meski hanyalah sebuah simbol, riset telah membuktikan bahwa air mempunyai kekuatan. Menurut penelitian, air mempunyai efek yang kuat untuk otak kita.

Menghabiskan waktu di dekat air, Hal ini dapat memberikan otak sedikit relaksasi dari rangsangan berlebihan yang otak kita dapatkan melalui aktivitas modern sehari-hari.

Dengan berenang, manfaat ini bisa kamu peroleh bersamaan dengan kalori yang terbakar seketika kamu bergerak mengarungi kolam yang jernih.

5. Berenang membangun kekuatan dan kemampuan kardio secara bersamaan
Meski berenang adalah olahraga yang berdampak kecil bagi badan, berenang memproduksi hasil yang cukup kuat. Biasanya berenang digolongkan menjadi latihan semacam aerobik, berenang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam berolahraga dan menambah kekuatan.

Membangun dan mempertahankan otot meski usia makin bertambah, adalah hal yang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh untuk jangka waktu yang panjang. Dan tentu, hal ini bisa didapatkan melalui berenang yang rutin. Daya tahan tubuh dalam berolahraga juga dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kekuatan tulang. [mn]
_____________________________
dapatkan pesan dakwah harian di inbox whatsapp anda

Cara daftar
Ketik nama#usia#asal daerah kemudian kirim ke no whatsapp kami ini 0852 6177 8185

Simpan no whatsapp kami dgn nama "1hari 1ilmu"

Jadilah anda petunjuk jalan dan dapatkan setiap kebaikan dari orang yg anda ajak
yuk, subcribe juga channel youtube jalan hidayah

Portal share artikel ustadz dan ulama sunnah
bantu kami share info ini

cari artikel ?. ketik dibawah ini