manfaat kurma muda dan kurma masak jika dimakan bersamaan

kurma muda
Diriwayatkan oleh An-Nasa’i dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya dari hadits Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Aisyah bahwa ia menceritakan, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Makanlah kurma muda dan kurma masak. 

Karena apabila setan melihat manusia memakan kurma muda, ia akan berkata, “Anak Adam ini akan kekal dalam kebaikan, sehingga ia bisa memakan barang lawas dicampur dengan barang yang baru“.

Dalam riwayat lain, disebutkan, “Makanlah kurma masak dengan kurma muda. 

Sesungguhnya setan merasa sedih bila melihat manusia memakannya. Setan akan berkata, “Manusia bisa hidup sampai saat ini sehingga mereka masih sempat makan barang batu (kurma muda) dicampur dengan barang usang (kurma tua)“.

Sebagian kalangan medis menyatakan, “Nabi hanya memerintahkan memakan kurma muda bersama kurma masak, namun tidak memerintahkan memakan anak kurma dengan kurma masak. Karena anak kurma dan kurma masak sama-sama bersifat panas, meskipun tentu saja kurma masak jauh lebih panas. Menurut medis memang tidak tepat mengkomposisikan antara dua makanan yang sama-sama berunsur panas atau sama-sama berunsur dingin”.

Dalam hadits diatas juga memberi peringatan terhadap kebenaran dasar ilmu kedokteran yakni dalam upaya menjaga kestabilan mengantisipasi satu jenis makanan dengan makanan lain, satu jenis obat dengan obat lain serta beberapa formula kedokteran lain dalam upaya menjaga kesehatan.

Kurma muda memiliki sifat dingin dan kering, amat baik bagi mulut, gusi dan lambung, namun kurang baik untuk dada dan paru-paru. Karena teksturnya yang kasar, bisa sulit dicerna dalam lambung, sedikit kandungan gizinya. Kurma muda dan anggur muda sama-sama bisa menyebabkan masuk angin, menyebabkan sendawa dan mengeluarkan gas, terutama sekali bila seorang minum setelah mengkonsumsi buah tersebut. Namun efek samping tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi kurma tua, madu dan keju.

(Disalin dari Buku Metode Pengobatan Nabi, Terjemahan Kitab Ath-Thibbun Nabawi, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah hal 378-379)

repost from Herbal Sunnah

dibawah ini, posting terbaru kami di twitter "yuk baca and share"

dapatkan pesan dakwah harian di inbox whatsapp anda


Cara daftar
Ketik nama#usia#asal daerah kemudian kirim ke no whatsapp kami ini 0821 6826 4963

Simpan no whatsapp kami dgn nama "1hari 1ilmu"

Jadilah anda petunjuk jalan dan dapatkan setiap kebaikan dari orang yg anda ajak
Kunjungi dan baca artikel lainnya di
kumpulankonsultasi.com
https://telegram.me/mengenalislamyuk

Portal share artikel asatizah, informasi dan berita islam
bantu kami share info ini

cari artikel ?. ketik dibawah ini