Pertolongan Pertama terhadap Anak Mimisan

anak mimisan
Mimisan bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia. Namun, biasanya anak-anak yang lebih sering mengalami mimisan, karena jaringan anyaman pembuluh darah anak masih sangat rentan sehingga mudah pecah. JIka pembuluh darah tersebut pecah, maka hidung akan mengeluarkan darah.

Tips Pertolongan Pertama pada Mimisan :
Segera dudukkan penderita pada posisi tegak agar darah yang keluar berkurang dan tidak mengalir masuk ke paru-paru. Kalau keadaan penderita terlalu lemah, baringkan dengan meletakkan bantal di belakang punggungnya.

Tekan bagian tengah hidung sekitar 5-10 menit guna menutup pembuluh darah yang pecah supaya darah bisa segera dihentikan. Gunakan beberapa bongkah kecil es batu dan tempelkan di sekitar hidung agar pembuluh darah mengecil dan pendarahan segera berhenti.

Jika darah terus menerus keluar, gunakan kapas atau kain kassa steril yang telah digulung untuk menyumpal hidung. Namun jika tidak berhasil menghentikan hingga mimisan berlangsung lama (lebih dari 20 menit), maka segera bawa ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapat penanganan lebih lanjut Setelah darah berhenti mengalir, selama kurang lebih 3 jam, penderita diminta untuk tidak mendengus terlalu keras atau membuang ingus terlebih dahulu.

Jangan Remehkan Mimisan

Meski tampak ringan dan tidak berbahaya, kita tetap harus mewaspadai terjadinya mimisan. Hal ini mengingat komplikasi (lanjutan) dari mimisan bisa cukup serius. Pendarahan yang hebat bisa meyebabkan shock (turunnya tekanan darah secara mendadak) dan anemia (kurang darah). Menurunnya tekanan darah secara mendadak bisa menyebabkan infark miokard (penyakit jantung) yang bisa berakibat fatal.

(Disalin dan diringkas dari Buku Panduan Kesehatan Untuk Sang Buah Hati, dr. Avie Andriyani hal. 72-75) retweet from Herbal Sunnah. image from mimisan.org

posting ini bermanfaat? bantu kami dengan klik like/share, syukron

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

artikel baru hari ini :

cari artikel ?. ketik dibawah ini