Warga Kampung Pasar Ikan Tolak Pindah ke Rusun, Ini Alasannya

Warga Kampung Pasar Ikan
JAKARTA -- Ketua Unit Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPC PKS Penjaringan, Findik Surya menegaskan warga Kampung Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, tidak mau pindah ke rumah susun yang disediakan Pemprov DKI. Mereka sebanyak 240 jiwa korban penggusuran.

"Mereka tidak mau ke pindah rusun. Pertama jarak rusun Marunda yang terlalu jauh. Rusun yang dekat, saat ini kondisinya sudah penuh, ukuran kamarnya juga kecil, tidak muat untuk 8 orang dalam satu keluarga," katanya, dalam siaran persnya, Jumat, (15/4).

Jarak yang jauh tersebut membuat warga harus mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi. Padahal pendapatan mereka minim. "Nelayan otomatis harus bolak-balik dari pasar ikan ke Marunda yang jauh. Mereka yang jadi kuli panggul di Pelabuhan Sunda Kelapa juga butuh transportasi."

Belum lagi biaya listrik dan sewa setelah tiga bulan pemakaian. Makanya warga Pasar Ikan tersebut akan terus bertahan di sekitar Luar Batang hingga mendapatkan kontrakan layakk untuk disewa, sambil menunggu hasil dari gugatan hukum yang diajukan. "Kalau mereka bisa mendapat kontrakan, mereka tetap akan tinggal di Luar Batang," kata Findik.

Diketahui, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama sebelumnya mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga rusunawa untuk relokasi ribuan warga Pasar Ikan tersebut, yaitu Rusunawa Muara Bebek, Rusunawa Kapuk Muara, dan Rusunawa Marunda.

Namun, hingga berita ini diturunkan, masih banyak warga yang bertahan tinggal di atas perahu, berada di bawah jembatan layang, dan membentuk bedeng-bedeng kecil, hingga ada kejelasan tinggal.

source republika

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini