6 tips menghafal Alquran bagi ibu rumah tangga

⁠⁠⁠Sahabat, tentu kita mengetahui bagaimana pekerjaan seorang ibu yang tak ada habisnya. Entah itu ibu yang berada di rumah atau bekerja dari rumah, juga ibu yang harus bekerja di luar rumah. Sehari 24 jam rasanya tidak akan cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan ini. Saat keesokan harinya, datang pekerjaan yang lain, yang juga menyita waktu.  

Di tengah kesibukan yang luar biasa sebagai ibu rumah tangga, apalagi jika anaknya masih balita, kita tentu saja ingin memiliki aktivitas yang mampu mendektkan diri kita dengan Alquran. Banyak dari kita yang menginginkan anak yang hafal Alquran. Tentu lebih baik jika sang ibu pun menghafal Alquran, dan juga pribadi yang dekat dengan Alquran. 

Berikut ini tips menghafal Alquran bagi ibu rumah tangga : 

1. Memiliki niat yang kuat untuk menjadi hafizh Quran. Kita tahu bahwa niat adalah sesuatu yang penting dalam beramal. Maka memiliki niat yang kuat, merupakan salah satu faktor menentukan dalam program ini. 

"Siapa yang membaca Al Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaiakan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, "Mengapa kami dipakaikan jubah ini?" Dijawab,"Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Qur’an." (HR. Al-Hakim) 

baca alquran dimanapun kapanpun2. Tentukan target terlebih dahulu. Target ini tentu saja harus realistis. Jangan sampai kita menetapkan target yang terlampau tinggi, hingga kita stress dalam menjalaninya. Target ini bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. 

3. Usahakan agar ada minimal ayat yang dihafal setiap harinya. Hal ini agar menjadi agenda rutin dalam hari-hari kita setiap harinya. Agar saat kita tidak menuntaskannya, ada rasa sesuatu yang hilang dalam diri. Sehingga kita rindu untuk terus menghafalnya. 

4. Cari waktu efektif untuk menghafal. Setiap orang berbeda-beda. Namun, biasanya waktu pagi lebih efektif. Saat kita baru bangun tidur, sebelum anak terbangun, kita sempatkan menghafal, meski sedikit. Siang atau saat ada waktu luang, kita bisa mengulang-ngulang agar hafalan baru kita mantap.Saat malam tiba,kita bisa muraja'ah hafalan baru dn ditmbah hafalan sebelumnya. 

5. Mengikuti komunitas menghafal Alquran. Saat ini sudah banyak komunitas penghafal Alquran, bisa diikuti secara offline maupun online. Untuk ibu rumah tangga yang waktunya terbatas, kita dapat mengikuti komunitas online para penghafal Alquran. Contoh komunitas online yang ada yaitu ODOL atau One Day One Line. Satu hari menghafal minimal 1 baris ayat. Dengan mengikuti komunitas seperti ini, biasanya kita akan lebih disiplin dan termotivasi untuk menghafal. 

6. Berdo'a pada Allah agar dikuatkan dan dilancarkan dalam proses menghafal. Alquran adalah kitabullah. Allah yang menurunkannya. Sehingga sat kita ingin menjadi penghafal Alquran, mintalah pada Allah untuk memudahkannya. "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran." (QS. Al-Qamar:17)

source Wanita.id repost from hanifah dakwah wa

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini