Gangguan tidur berjalan atau somnabulisme (sleepwalking)

Gangguan tidur berjalan atau somnabulisme (sleepwalking) adalah suatu kondisi dimana seseorang bangun dan berjalan saat sedang tidur. Namun tidak mesti berjalan saja, orang yang terbangun, lalu duduk di tempat tidur dan melihat sekeliling kamarnya dalam keadaan tidak sepenuhnya bangun pun dianggap termasuk ke gejala kondisi ini.

Gangguan tidur berjalan biasa terjadi di kalangan anak-anak, meskipun kondisi ini bisa saja dialami oleh segala usia. Diperkirakan 1 dari 5 orang setidaknya pernah sekali mengalami gangguan tidur berjalan saat masih anak-anak.

Anak-anak yang suka mengalami gangguan tidur berjalan biasanya tidak akan mengalaminya lagi saat mereka memasuki usia pubertas, namun pada sebagian kecil kasus, kondisi tetap berlanjut sampai mereka dewasa.

Penyebab Gangguan Tidur Berjalan
Penyebab pasti gangguan berjalan sebenarnya masih belum diketahui, namun diduga dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti:
 Gangguan tidur berjalan
- Cemas atau stres

- Kurang tidur

- Efek samping mengonsumsi obat tidur atau obat-obatan sedatif

- Efek samping mengonsumsi narkoba atau minuman beralkohol

- Terbangun mendadak dari tidur yang lelap, misalnya karena dorongan yang kuat untuk pergi ke toilet, bisa juga karena badan disentuh atau mendengar suara keras secara tiba-tiba. Pada suatu kondisi bisa diakibatkan suatu penyakit dengan gejala sering bangun mendadak, misalnya sindrom kaki gelisah dan apnea tidur obstruktif

Pada anak-anak, gangguan tidur berjalan biasa terjadi saat mereka menderita infeksi yang disertai demam.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur berjalan, di antaranya dengan mengurangi stres, melakukan aktivitas yang bisa merelaksasi pikiran sebelum tidur (misalnya mandi air hangat atau membaca buku), tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman berkafein sebelum tidur, membuang air kecil terlebih dahulu, atau membuat kamar tidur kita menjadi senyaman mungkin. Selain itu, disiplinkan waktu tidur kita karena kurang tidur juga dapat memicu terjadinya gangguan tidur berjalan. (Alodokter)

Oleh : Herbal Sunnah

Share yuk mudah2an menjadi pembuka pintu kebaikan bagi sodara anda dan pahala yang semisal bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan

posting ini bermanfaat? bantu kami dengan klik like/share, syukron

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

artikel baru hari ini :

cari artikel ?. ketik dibawah ini