inilah 10 alasan kenapa anda harus memilih santriwati sebagai calon istri idaman

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam telah mengajarkan bahwa menikah itu adalah ibadah.

Pernikahan merupakan sunah para Nabi yang sangat dianjurkan pelaksanaannya bagi umat islam. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam melarang kaum muslimin membujang (tidak menikah) dalam hidupnya. Orang-orang yang sengaja tidak mau menikah atau benci dengan sunah menikah maka ia bukan umat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda: “Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka, bukan golonganku”[HR. Ibnu Majah, dari Aisyah Radhiyallahu 'Anha]
santriwati bercadar
Foto: Ilustrasi Santriwati (wanitaindonesiabercadar.com)
Banyak hikmah dan keistimewaan yang terkandung dalam pernikahan. Maka barang siapa yang mampu melaksanakannya dengan sempurna, maka ia dan pasangannya akan mendapat pahala yang besar.

Hakikat dari menikah itu bukan hanya untuk mencari kebahagiaan di dunia saja, melainkan juga untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat. Boleh saja bagi setiap laki-laki yang ingin menikah berharap untuk mendapatkan istri yang cantik, kaya, putih, pintar, dan lain sebagainya. Namun perlu diingat bahwa jika menginginkan pernikahan yang bisa menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat, maka yang terpenting adalah menikahi wanita karena agamanya (sholehah).

Dengan mengarahkan pilihan untuk mempersunting seorang santriwati sebagai calon istri, bisa menjadi jalan bagi kaum laki-laki untuk mencapai apa yang dinamakan kebahagian dunia dan akhirat. Hal ini karena santriwati memiliki beberapa kriteria sebagai calon istri idaman.

Ingin tahu?

Berikut alasan-alasan mengapa santriwati menjadi pilihan terdepan untuk dijadikan istri idaman.

1. Rajin Beribadah
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam berpesan, “Nikahilah wanita yang kuat agamanya, niscaya kau beruntung” [HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasai]

Berdasarkan hadits tersebut, bisa disimpulkan bahwa mencari calon istri yang alim dan sholehah itu adalah sebuah keharusan.

Seorang santriwati pastinya sudah mendapatkan bekal ilmu-ilmu agama di pesantrennya. Mereka sudah terbiasa melaksanakan ibadah-ibadah seperti yang telah di perintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, seperti sholat 5 waktu, puasa, zakat dan ibadah-ibadah wajib maupun sunnah lainnya. Nah, tipe wanita yang seperti inilah yang sangat layak dijadikan istri idaman.

2. Pintar Mengaji
Mengapa santriwati pinter mengaji? Ya iyalah, setiap hari kerjaannya ngaji. Ngaji Al-Qur’an, ngaji ilmu Hadits, ngaji kitab kuning dan ngaji kitab-kitab lain. Mempunyai istri yang pinter mengaji dan paham ilmu agama pasti banyak kelebihan serta sisi positifnya.

Terus bayangin saja, ketika setiap hari di isi dengan mengaji bersama, apa ndak so sweet gitu? Jadi cari yang pinter mengaji ya.

3. Mendatangkan Kebahagiaan
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda: “Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas/ lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit”. [HR. Ibnu Hibban]

Nah, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam sudah bepesan bahwa salah satu kebahagiaan adalah memiliki istri yang solehah. Istri yang solehah pastinya akan selalu taat kepada suami dan akan selalu berusaha untuk membahagiakan suami. Santriwati itu ya seperti ini nih...

4. Bisa Diajak Hidup Sederhana
Setiap santriwati pastinya sudah sangat terbiasa dengan hidup sederhana saat di pondok pesantren atau ma'had ilmi. Mereka sudah tentu akan ikhlas menerima dan bersyukur atas apa yang dimiliki. Mereka juga siap untuk di ajak hidup susah dan berjuang bersama.

Namun para lelaki yang sejati tidak akan pernah memiliki pemikiran akan mengajak istrinya hidup susah bukan? dia pasti akan berusaha untuk membuat kehidupan rumah tangganya berkecukupan tanpa ada kekurangan apapun.

Jika ingin mencari calon istri yang penuh kesederhanaan, maka santriwati adalah pilihan yang sangat tepat.

5. Terlatih Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Nyapu? Ngepel? Dan semua urusan rumah tangga pastinya santriwati bisa melakukannya. Para santriwati sudah sangat terbiasa melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga saat berada di pesantren.

Mereka mempraktekkan apa yang ada di dalam kitab “uqudul lujain”. Apalagi santriwati yang menjadi abdi dalem di rumah pengasuh atau kyai, keahlian dan kesabaran mereka pasti sudah teruji.

6. Mempunyai Sifat Keibuan
Salah satu hal yang penting adalah seorang istri harus mempunyai sifat keibuan. Pastinya seorang santriwati itu lebih bersikap dewasa dan keibuan. Jadi sudah tidak perlu takut lagi mereka ndak bisa mengurus anak-anak kamu ya.

7. Bisa Mengajari Anak Tentang Ilmu Agama Sejak Kecil
Ini hal yang paling penting, karena seorang Ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya sejak kecil.

Sebuah ungkapan mengatakan, “Ibu adalah madrasah pertama dan paling utama bagi anak” itu benar adanya. Jadi, jika kamu mempunyai seorang istri santriwati, maka itu adalah suatu keberuntungan dan anugerah yang sangat luar biasa, karena mereka bisa menjadi madrasah terbaik untuk anak-anak kamu kelak.


8. Pintar Mengatur Waktu
Kehidupan pesantren itu sangat padat, banyak sekali kegiatan mengaji yang dilakukan namun santriwati bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga masih sempat untuk mengerjakan kegiatan yang lain.

Hal ini akan menjadi bekal yang sangat baik untuk kehidupan keluarga kamu, karena mereka akan bisa mengatur waktu keluarga dengan baik. Seorang santriwati sudah biasa hidup dengan banyak tugas, dan mereka pasti bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik.

9. Jago Memasak
Kebanyakan santriwati pasti jago masak. Hal ini bukan tanpa alasan, mereka sudah terbiasa masak sendiri kalau mau makan. Ya, minimal bisalah ngeliwet nasi dan masak mie hehe.

Dengan mempunyai istri solehah dan jago masak pasti akan membuat kamu betah makan di rumah deh.

10. Pintar Mengatur Uang Belanja
Dan yang tak kalah lebih pentingnya, seorang santriwati sudah terbiasa hidup sederhana dan hemat, mereka juga sudah terbiasa mengatur setiap pemasukan dan pengeluaran dengan sangat detail.

Percayalah, mereka tidak akan menolak berapapun uang belanja yang diberikan oleh suami. Berapapun uang belanjanya, insyaAllah mereka pasti bisa mengaturnya sehingga urusan 'domestik' per-dapur-an akan tetap aman.


Demikian beberapa alasan mengapa seorang santriwati adalah pilihan terbaik dan sangat layak dijadikan istri idaman. Buat muslimah yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan pesantren tidak usah berkecil hati, kamu pun tetap bisa menjadi calon Istri Idaman kok, tentunya dengan memilik sifat-sifat tersebut di atas. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah. Semoga kamu para ikhwan bisa mendapatkan dan menikahi wanita shalihah pujaan hatimu. Amiin. [VA/BuletinIslami]

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini