5 Type Anak Terhadap Orangtua, Kita Type Yang Mana?

'Ya rabbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.' QS Ibrahim 40

cobalah cek diri kita, posisi manakah kita diantara 5 type berikut ini?

jika kondisi kita amat memprihatinkan maka perbaikilah dan jika pada posisi diharapkan allah dan rasulnya maka istiqomahlah sampai mati

1. Tidak mengerjakan apa yang diperintahkan orangtuanya. Ini type durhaka.

2. Melakukan apa yang diperintahkan namun dengan berat hati dan enggan. Ini type yang tidak diganjar pahala dan kebaikan .

3. Melakukan apa yang diperintahkan namun diiringi dengan menyebut-nyebut, menyakiti perasaan.dan menggerutu serta meninggikan suara. Type semacam inilah yang mendapat dosa (dibawah nomer 1 seharusnya).

4. Melakukan apa yang diperintahkan orangtuanya dengan senang hati. Type ini diganjar dengan pahala dan kebaikan. Type semacam ini sedikit sekali jumlahnya.

5. Melakukan apa yang diinginkan orang tuanya sebelum diperintahkan. Inilah type sempurna birrul walidain yang mendapat taufik. Type ini jarang ditemui. Apalagi dizaman seperti saat ini.

Tentang dua tipe terakhir , jangan ditanya soal keberkahan umur mereka, keluasan rezeki, ketenangan dan kelapangan hati, serta kemudahan urusan mereka.

"Dan demikianlah karunia Allah, Dia memberikannya kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya; dan Allah mempunyai karunia yang besar.”

ayah ngajarin anaknya ngaji

Catatan:

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Orang tua adalah pintu surga yang paling tengah. Sekiranya engkau mau, maka sia-siakanlah pintu itu atau jagalah!!” (HR. Ahmad)

Qadhi Iyadh menjelaskan, “Maksud pintu surga yang paling tengah adalah pintu yang paling baik dan paling tinggi. Dengan kata lain mentaati dan menjaga orang tua adalah sebaik-baik sarana yang bisa mengantarkan seseorang ke dalam surga dan meraih derajat yang paling tinggi di dalamnya.”

Penulis: Ustadz Aan Chandra Thalib

@bagus utk ortu & buat mendidik anak
Powered by Blogger.