inilah super engine yang sempurna patut anda miliki

INSTRUMEN vital yang menunjang berkembangnya dunia internet sampai semaju sekarang adalah tidak terlepas dari berkembangnya search engine atau mesin pencari seperti Google, Yahoo dlsb. Sebuah mesin pencari seperti Google saja saat ini (tahun 2011 -ed.) konon telah mengurutkan (meng-index) 25 milyar halaman web, ini untuk kecepatan menjawab sekitar 2.5 milyar pencarian (pertanyaan) yang saat ini dilayani Google setiap harinya. Tetapi apakah search engine seperti Google dan sejenisnya bisa menjawab semua pertanyaan…?
inilah super engine yang sempurna patut anda miliki
ilustration from searchengineprofiling.com
Di sinilah masalahnya, secanggih apapun teknologi berkembang – sebesar apapun jaringan computer bisa dibangun manusia, dapat dipastikan bahwa dia tidak akan bisa menjawab semua pertanyaan, tidak akan bisa menjelaskan semua permasalahan.

Dengan mengetahui keterbatasannya ini, bukan berarti berbagai search engine tersebut tidak perlu. Dia justru sangat dibutuhan untuk memudahkan urusan-urusan kita, namun tetap harus disadari ada keterbatasannya.

Sesungguhnya ada search engine yang sempurna yang bisa menjawab semua permasalahan kehidupan. Search engine yang satu ini seperti sumur sumber ilmu yang tidak ada batas dasarnya, dia bisa digali sedalam apapun – dengan ilmu apapun – dan tetap tidak akan habis dan tidak mentog.

Ironinya adalah, untuk mengakses search engine yang tidak sempurna seperti Google kita setidaknya perlu computer dan akses internet karena halaman-halaman yang disajikannya tersebar dalam jaringan-jaringan server computer di seluruh dunia. Tetapi untuk menggunakan search engine yang sempurna kita malah tidak perlu komputer, bahkan search engine yang sempurna ini bisa dihafal oleh jutaan orang-orang di seluruh dunia – termasuk kita juga bisa asal mau saja!.

Apakah search engine yang sempurna yang bisa menjawab seluruh pertanyaan kehidupan tersebut? Dia tidak lain adalah al-Qur’an; Allah sendiri yang menjelaskan bahwa al-Quran itu menjelaskan semua hal.

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيداً عَلَيْهِم مِّنْ أَنفُسِهِمْ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيداً عَلَى هَـؤُلاء وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَاناً لِّكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ
“…dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (QS 16:89)

Bahwa penjelasan-penjelasan atau petunjuk dari al-Qur’an adalah detil dan tuntas juga dijanjikan oleh Sang Maha Pencipta-nya:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَن كَانَ مَرِيضاً أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
“… al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu …”. (QS al-Baqarah:185)

Lantas apa pentingnya kita menyadari adanya search engine yang sempurna yang bernama al-Qur’an ini?

Ini menyangkut perubahan mindset, bila selama ini setiap mencari jawaban atas berbagai persoalan kita menggunakan Google, Yahoo dan sejenisnya – mengapa tidak kita mulai mencarinya dari al-Qur’an ?. Tidak masalah kita gunakan Google dan sejenisnya untuk alat pencarian, tetapi sources utama yang kita cari adalah yang dari al-Qur’an dan penjelasan-penjelasannya termasuk hadits dst.

Reflek otomatis kita mungkin men-challenge bahwa menggunakan al-Qur’an sebagai jawaban atas segala persoalan tidak semudah mengetik keyword di Google dan sejenisnya. Itu bisa betul bagi kebanyakan kita karena interaksi kita dengan al-Qur’an yang memang masih sangat minim.

Tetapi bagi para hafidz yang sesungguhnya, dia bukan hanya hafal tetapi juga faham dan mengamalkan kandungan al-Quran – dia bisa menjawab seluruh permasalahan dengan al-Qur’an lebih cepat dari search engine memberi jawaban atas pencarian kita !.

Dengan menyampaikan ini sama sekali saya tidak bermaksud merendahkan karya para innovator yang sudah menghasilkan engine yang begitu berguna seperti penemu Google dst. Tetapi justru ingin mengajak menggunakan temuan-temuan canggih seperti Google ini pada proporsinya, sebagai inspirasi untuk kembali ke al-Qur’an.

Bila dengan Google yang tidak sempurna saja anak-anak sekolah dari SD bisa mengerjakan PR-nya, mahasiswa S 3 bisa menyelesaikan thesis Doktornya jauh lebih mudah ketimbang yang kita lakukan sebelumnya pada zaman pra internet – maka betapa mudahnya kita bisa menyelesaikan PR-PR dan thesis kehidupan kita dengan search engine yang sempurna – al-Qur’an.

Seperti dalam pepatah bahasa Indinesia yang kita pernah belajarnya sejak SD dulu – Alah Bisa Karena Biasa , kita bisa mudah mencari jawaban dengan Google dan sejenisnya karena kita memang membiasakannya. Maka insyaAllah kita akan mudah menggunakan al-Qur’an untuk menjawab semua persoalan kita – bila kita juga membiasakannya.

Bahwasanya al-Qur’an itu sungguh mudah, itupun sudah dijanjikan oleh Sang Maha Pencipta nya sendiri:

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS 54:32).

Jadi, maukah kita memiliki super search engine yang sempurna – yang bisa menjawab semua persoalan kehidupan? mari berinteraksi dengan Al-Quran!, membacanya, menghafalkannya, memahaminya, mengamalkannya dan sedapat mungkin juga mengajarkannya. InsyaAllah dengan begitu kita akan menjadi umat yang unggul di muka bumi ini, karena kita bisa menjawab semua persoalan dengan petunjuk langsung dari Sang Maha Pencipta !. Amin.

Penulis Direktur Gerai Dinar, kolumnis hidayatullah.com
Oleh: Muhaimin Iqbal

Rep: Admin Hidcom Editor: Cholis Akbar

Sumber: hidayatullah

posting ini bermanfaat? bantu kami dengan klik like/share, syukron

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

artikel baru hari ini :

cari artikel ?. ketik dibawah ini