kenapa umat islam melalaikan sholat dan apa solusinya?

pembahasan ini saya mulai dengan menyampaikan hadits shaih rasulullah shallallahu alahi wasallam

عن ابن مسعود رضي الله عنه قال سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم: "أي العمل أحب إلى الله قال: الصلاة على وقتها. قال ثم أي؟ قال: ثم بر الوالدين. قال: ثم أي؟ قال: الجهاد في سبيل الله" قال حدثني بهن ولو استزدته لزادني. رواه البخاري.
dari ibnu mas'ud radhiallahu anhu berkata, aku bertanya kepada rasulullah shallallahu alahi wasallam: "amalan apa yang paling dicintai/disukai allah?, rasulullah bersabda sholat tepat pada waktunya. kemudian ibnu mas'ud bertanya kembali, kemudian apa? rasulullah bersabda, berbakti kepada kedua orang tua, kemudian ibnu mas'ud bertanya kembali, kemudian apa? rasulullah bersabda, jihadi dijalan allah" ibnu mas'ud berkata, rasulullah sampaikan semuanya, jika ku tambah maka akan beliau jawab". riwayat bukhari.

dari hadits tersebut, yang ingin saya garis bawahi mengenai sholat, yach sholat. sesungguhnya sholat merupakan amalan fisik yang paling pertama allah sukai atau cinta dari hamba hambanya. akan tetapi fakta atau realitanya, masjid sepi dari jamaah sholat yang hanya diisi oleh beberapa orang saja.

sholat berjamaah

apa yang terjadi ?

tentu saja hal ini terjadi ada banyak sebab, namun permasalah terbesar disebabkan oleh salah memahami makna iman dan terkikisnya kualitas iman.

apa itu iman ?

إنّ الإيمان بالله سبحانه وتعالى يكون بالاعتقاد، والقول، والعمل، وهو يعني أن يعتقد المسلم بالله ورسوله صلّى الله عليه وسلّم - بقلبه، وأن يعتقد بكلّ ما جاء بالشرع اعتقاداً جازماً لا شكّ فيه، ولا ريبة، ومن ثمّ اتباع هذا الاعتقاد بعمل جوارحه، وذلك حتّى يكون باطنه مطابقاً لظاهره، قال سبحانه وتعالى:" إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُوْلَئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ "، الحجرات/15.
"sesungguhnya iman kepada allah subhanahu wa ta'ala hendaklah komplek terikat dengan keyakinan, perkataan dan amalan fisik

yaitu hendaklah setiap muslim menyakini bahwa allah sebagai satu-satunya ilah yang berhak disembah dan muhammad satu satunya jalan yang wajib diikuti setiap muslim untuk mengapai ridhonya allah ta'ala. dan keyakinan yang berkesinambungan tanpa keraguan akan kebenaran syariat islam dan mengamalkan syariat allah ini dengan anggota badan dan hendaklah keyakinan dalam jiwa selaras dengan amalan fisik. 

allah subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya: sesungguhnya orang orang mukmin yang beriman kepada allah dan rasulnya tanpa keraguan sedikit pun, dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan allah. mereka itulah orang orang yang benar (alhujurat: 15)

kenapa kualitas iman terkikis ?, tak lain dikarenakan maksiat.

أن الإيمان يزيد بالطاعة وينقص بالعصيان، الطاعات فعل الأوامر وترك النواهي والمعاصي ترك الأوامر وفعل النواهي فالطاعات تزيد الإيمان والمعاصي تنقص الإيمان؛
sesungguhnya iman bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan maksiat. ketaatan adalah mengamalkan merintah dan meninggalkan larangan adapun maksiat adalah meninggalkan perintah dan mengamalkan larangan maka ketaaatan menambah iman adapun maksiat mengikis iman.

apa solusinya?

jika sholat kembali menjadi rutinitas harian yang tak terlewatkan, bukan saja ketika maghrib atau hari besar tertentu saja maka hendaklah upaya kuat untuk perbaikan. ketahuilah, hidayah itu haruslah dijemput dan disegerakan karna kematian tak mengenal siapa, tempat dan usia.

hendaklah 
-murnikan tauhid
-perbanyak mengingat kematian
-mulailah berjamaah 5 waktu dimasjid (mulai kapan?, mulai hari ini
-perbanyaklah berteman dengan orang shalih
-belajarlah mencari kebenaran bukan membenarkan pencarian, yaitu tunduknya hawa nafsu, logika dan perasaan ketika datangnya kebenaran dari alquran dan sunnah
-hadirlah ke majlis ilmu dan membaca buku
-istiqomah, sampai kapan? sampai mati
-perbanyak mengetahui ancaman allah terhadap meninggalkan kewajiban termasuk sholat dan keutamaan mengamalkan perintah allah dan rasulnya

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini