solusi mengatasi Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanosome dalam melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari. Melanin adalah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, rambut, dan bagian tertentu dalam telinga manusia.

Inilah sebabnya bagian kulit yang memiliki banyak melanosome akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik. Flek hitam dapat bertambah gelap setelah terpapar sinar matahari, sehingga penggunaan tabir surya sangat disarankan untuk orang dengan kecenderungan ini.
efek sinar matahari

Etnis yang hidup di daerah tertentu berisiko memiliki lebih banyak melanin dibandingkan etnis lainnya, sehingga faktor geografis juga menjadi penyebab timbulnya flek hitam. Orang-orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa cenderung memiliki lebih banyak melanin sebagai respons tubuhnya terhadap sinar matahari. Proses ini menjadikan kulit mereka lebih umum berwarna cokelat gelap. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik melanin yang dapat menyerap sinar matahari, sekaligus menghalau radiasi UV.

Flek hitam juga dapat terjadi karena bawaan genetik. Orang-orang dengan kulit cerah dan memiliki rambut pirang atau merah adalah yang sering mengalami kondisi ini.

Flek hitam juga bisa muncul pada orang-orang tua. Bintik-bintik ini dikenal dengan nama liver spot atau sun spot.

Gejala Flek Hitam

Flek hitam pada kulit akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna cokelat terang yang merata. Bercak atau titik noda ini biasanya berbentuk lingkaran dengan beragam ukuran dan warna. Bintik-bintik dapat mulai muncul pada usia satu atau dua.

Flek hitam akan memudar seiring berkurangnya intensitas paparan sinar matahari. Sebaliknya, terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan inflamasi atau disebut juga sunburn freckles.

(Alodokter)

Oleh : Herbal Sunnah

Share yuk mudah2an menjadi pembuka pintu kebaikan bagi sodara anda dan pahala yang semisal bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan
__________
Mau dapat ilmu Kesehatan dan Agama? Gabung yuk bersama Grup Hikmah HS di :
WA : 089695566855 ketik [Gabung HS37 Nama ]
Powered by Blogger.