Gubernur NTB: Promosi Perbankan Syariah Harus Mudah Dipahami

MATARAM -- Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar seminar nasional dan sosialisasi buku Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia di Aula Kantor Bank Indonesia Perwakilan Mataram, Selasa (11/10).

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengatakan, persentase ketertarikan masyarakat terhadap Perbankan Syariah masih terbilang rendah. Padahal, ia katakan, Provinsi NTB dikenal sebagai salah satu daerah dengan tingkat religiusitas yang cukup tinggi. Hampir 90 persen total penduduknya menganut Agama Islam.
Gubernur NTB: Promosi Perbankan Syariah Harus Mudah Dipahami

Ia menyampaikan, saat ini pertumbuhan Perbankan Syariah di Indonesia hanya lima Persen, sedangkan tingkat pertumbuhan di Provinsi NTB sendiri berada di atas delapan persen, yang didominasi para Tuan Guru dan masyarakat yang paham dengan sistem Perbankan Syariah.

Gubernur meminta, para Tuan Guru mengambil peran aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang konsep-konsep Perbankan Syariah sehingga masyarakat dapat memahaminya dengan baik.

"Saat ini cukup banyak masyarakat Indonesia, khususnya di Provinsi NTB belum memahami betul konsep-konsep perekonomian syariah. Itulah yang menjadi salah satu kendala Perbankan Syariah masih kalah dalam akselerasinya dengan Perbankan Konvensional," ujarnya saat menyampaikan sambutan di Aula Bank Indonesia Perwakilan NTB, Kota Mataram, NTB, Selasa (11/10).

Ia melanjutkan, Perbankan Syariah harus memberikan inovasi dalam memberikan pelayanan dengan bahasa akrab dan ramah. Ketidakpahaman masyarakat akan sistem perbankan syariah merupakan tugas bersama sejumlah pihak agar melakukan pendekatan yang lebih mudah diterima dan dipahami masyarakat. "Sehingga masyarakat mulai mengenal dan tertarik untuk melakukan transaksi berbasis syariah," lanjutnya.

Ia juga berharap, konversi Bank NTB menjadi Perbankan berbasis syariah dapat terwujud pada 2018 mendatang. Konversi Bank NTB, lanjutnya, akan semakin mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ekonomi berbasis syariah untuk kepentingan masyarakat NTB.

repost from republika

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini