imam abdullah: golongan sesat berasal dari 4 kelompok besar ahlul bid'ah

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲْ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ﺍِﻓْﺘَﺮَﻕَ ﺍﻟْﻴَﻬُﻮْﺩُ ﻋَﻠَﻰ ﺇِﺣْﺪَﻯ ﺃَﻭْ ﺛِﻨْﺘَﻴْﻦِ ﻭَﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﻓِﺮْﻗَﺔً ، ﻭَﺗَﻔَﺮَّﻗَﺖِ ﺍﻟﻨَّﺼَﺎﺭَﻯ ﻋَﻠَﻰ ﺇِﺣْﺪَﻯ ﺃَﻭْ ﺛِﻨْﺘَﻴْﻦِ ﻭَﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﻓِﺮْﻗَﺔً ﻭَﺗَﻔْﺘَﺮِﻕُ ﺃُﻣَّﺘِﻲْ ﻋَﻠَﻰ ﺛَﻼَﺙٍ ﻭَﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﻓِﺮْﻗَﺔً.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ‘Kaum Yahudi telah terpecah menjadi 71 golongan atau 72 golongan, dan kaum Nasrani telah terpecah menjadi 71 atau 72 golongan, dan ummatku akan terpecah menjadi 73 golongan.
(Riwayat Abu Dawud, Syarhus Sunnah no. 4596)

Dalam riwayat AtTirmidzi terdapat lafadh,

ﻛُﻠُّﻬُﻢْ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﺇِﻻَّ ﻣِﻠَّﺔً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ، ﻗَﺎﻟُﻮْﺍ : ﻭَﻣَﻦْ ﻫِﻲَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ؟ ﻗَﺎﻝَ : ﻣَﺎ ﺃَﻧَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺃَﺻْﺤَﺎﺑِﻲْ
"...semuanya di Neraka kecuali satu millah.’ (para Shahabat) bertanya, ‘Siapa mereka wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, *‘Apa yang aku dan para Shahabatku berada di atasnya.*’”
(Diriwayatkan at-Tirmidzi no. 2641)

Jalan yang selamat adalah jalan yang telah ditempuh oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Sahabatnya. Bila ummat Islam ingin selamat dunia dan akhirat, maka mereka wajib mengikuti jalan yang telah ditempuh oleh Rasulullah dan para Shahabatnya.
imam abdullah: golongan sesat berasal dari 4 kelompok besar ahlul bid'ah

Bagaimana agar kita termasuk menjadi golongan yang selamat itu ?

Imam Abdullah bin Mubarok ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ berkata :

ﺃﺻﻞ ﺍﺛﻨﺘﻴﻦ ﻭﺳﺒﻌﻴﻦ ﻫﻢ ﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﻫﻮﺍﺀ ، ﻓﻤﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﺭﺑﻌﺔ ﺍﻷﻫﻮﺍﺀ ﺗﺸﻌﺒﺖ ﺍﻻﺛﻨﺎﻥ ﻭﺳﺒﻌﻮﻥ ﻫــﻮﻯ :
Pokok dari 72 golongan yang sesat ini adalah berasal dari 4 kelompok besar ahlul bid'ah, yaitu ;

1. Kelompok Qodariyah
2. Kelompok Murji'ah
3. Kelompok Syi'ah
4. Kelompok Khowarij

ﻓﻤـﻦ ﻗــﺪﻡ ﺃﺑﺎ ﺑﻜﺮ ﻭﻋﻤﺮ ﻭﻋﺜﻤﺎﻥ ﻭﻋﻠﻴﺎ ﻋﻠﻰ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ، ﻭﻟﻢ ﻳﺘﻜﻠﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺎﻗﻴﻦ ﺇﻻ ﺑﺨﻴﺮ ﻭﺩﻋﺎ ﻟﻬﻢ ﻓﻘﺪ ﺧﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﺸﻴﻊ ﺃﻭﻟﻪ ﻭﺁﺧﺮﻩ .
Maka barang siapa yang mengutamakan Abu Bakr, Umar, Utsman, Aliy atas semua sahabat rosululloh, dan tidak membicarakan kejelekan para sahabat yang lain, senantiasa mendoakan kebaikan untuk mereka, maka sungguh dia *tidak tergolong dari kelompok SYI'AH* dari yang awal sampai akhir.

ﻭﻣــﻦ ﻗــﺎﻝ : ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻗﻮﻝ ﻭﻋﻤﻞ ، ﻳﺰﻳﺪ ﻭﻳﻨﻘﺺ ﻓﻘﺪ ﺧﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻹﺭﺟﺎﺀ ﺃﻭﻟــﻪ ﻭﺁﺧـﺮﻩ .
Barangsiapa yang mengatakan : iman itu adalah ucapan dan perbuatan, bisa bertambah juga bisa berkurang maka sungguh dia *terbebas dari golongan MURJI'AH* dari yang pertama sampai terakhir.

ﻭﻣــﻦ ﻗــﺎﻝ : ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺧﻠﻒ ﻛﻞ ﺑﺮ ﻭﻓﺎﺟﺮ ﻭﺍﻟﺠﻬﺎﺩ ﻣﻊ ﻛﻞ ﺧﻠﻴﻔﺔ ﻭﻟﻢ ﻳﺮ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﺑﺎﻟﺴﻴﻒ ﻭﺩﻋﺎ ﻟﻬﻢ ﺑﺎﻟﺼﻼﺡ ﻓﻘﺪ ﺧﺮﺝ ﻣﻦ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺨﻮﺍﺭﺝ ﺃﻭﻟــﻪ ﻭﺁﺧــﺮﻩ .
Barangsiapa yang mengatakan : tetap sholat bersama2 di belakang pemimpin yang baik maupun yang jahat, juga berjihad bersama² pemimpin dan tidak keluar (memberontak) kepada pemerintah dengan pedang, serta mendoakan penguasa dengan kebaikan, maka sungguh dia *terbebas dari kelompok KHOWARIJ* dari yang pertama sampai terakhir

ﻭﻣــﻦ ﻗــﺎﻝ : ﺍﻟﻤﻘﺎﺩﻳﺮ ﻛﻠﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﺧﻴﺮﻫﺎ ﻭﺷﺮﻫﺎ ﻳﻀﻞ ﻣﻦ ﻳﺸﺎﺀ ﻭﻳﻬﺪﻱ ﻣﻦ ﻳﺸﺎﺀ ﻓﻘﺪ ﺧﺮﺝ ﻣﻦ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻘﺪﺭﻳﺔ ﺃﻭﻟــﻪ ﻭﺁﺧــﺮﻩ .
 Barangsiapa yang mengatakan :  Semua taqdir itu dari Allah ﻋﺰ ﻭﺟﻞ semua taqdir yang baik maupun yang buruk. Dia menyesatkan siapa saja yang Dia kehendaki, memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki, maka sungguh dia *terbebas dari keyakinan QODARIYAH* dari yang pertama sampai terakhir.

‏ﻭﻫــﻮ ﺻﺎﺣــﺐ ﺍلسنة
Maka dia termasuk *AHLUS SUNNAH*

[ ﺷــﺮﺡ ﺍﻟﺴﻨــﺔ ﻟﻠﺒﺮﺑﻬﺎﺭﻱ ‏]

dibawah ini, posting terbaru kami di twitter "yuk baca and share"

dapatkan pesan dakwah harian di inbox whatsapp anda


Cara daftar
Ketik nama#usia#asal daerah kemudian kirim ke no whatsapp kami ini 0821 6826 4963

Simpan no whatsapp kami dgn nama "1hari 1ilmu"

Jadilah anda petunjuk jalan dan dapatkan setiap kebaikan dari orang yg anda ajak
Kunjungi dan baca artikel lainnya di
kumpulankonsultasi.com
https://telegram.me/mengenalislamyuk

Portal share artikel asatizah, informasi dan berita islam
bantu kami share info ini

cari artikel ?. ketik dibawah ini