Manfaat dan cara membuat Wedang Uwuh Minuman khas jogja Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda mencoba segar dan hangatnya wedang uwuh?

Yang belum tau dan belum pernah merasakan wedang uwuh, simak dulu manfaatnya ya.

Wedang Uwuh sudah dinikmati oleh para prajurit kerajaan Mataram. Awalnya mereka mencoba membuat ramuan untuk menghangatkan badan. Maklum dalam melindungi Keraton, prajurit kan harus memiliki stamina prima. Baik saat berperang maupun ketika harus keluar masuk hutan. Mungkin dalam perjalanan tercetus ide untuk mengumpulkan bahan-bahan yang terdapat disekitar untuk digunakan. Jadilah warisannya resep maupun khasiatnya bisa dinikmati sekarang.
Manfaat dan cara membuat Wedang Uwuh

Wedang uwuh termasuk minuman khas yang sangat populer khasiatnya, karena bahan-bahan yang terdapat dalam wedang uwuh ini banyak manfaatnya. Walaupun bahan wedang uwuh ini seperti sampah, yang berupa dedaunan namun jangan salah, bahan tersebut juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh lho.

Minuman khas jogja ini memiliki rasa sedikit manis dan agak pedas. Nikmat disajikan dalam kondisi panas atau hangat. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini. Sangat mantap !!!

Bahan yang digunakan untuk membuat wedang uwuh antara lain jahe, cengkeh, bunga cengkeh, batang cengkeh, daun cengkeh, kayu secang, pala, daun pala, kayu manis, daun kayu manis, akar sereh, daun sereh, gula batu dan kapulaga.

Manfaat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Setelah bahan tersedia, lalu kita dapat membuat wedang uwuh dengan langkah sebagai berikut.

- Pertama, jahe bisa dibakar ataupun tidak, setelah itu di memarkan jangan terlalu hancur.

- Kedua, masaklah air setelah itu silahkan masukkan bahan seperti daun cengkeh, cengkeh, batang cengkeh, daun kayu manis, serutan kayu secang, daun pala, jahe, dan gula batu.

- Ketiga, masaklah secara bersamaan, yaitu air beserta dengan bahan-bahan tersebut menggunakan api yang sedang sampai mendidih selama kurang lebih 15 menit. Angkatlah, lalu tuangkan di gelas.

Lalu apa saja sih manfaat wedang uwuh untuk pengkonsumsinya?

berikut ulasan mengenai manfaat wedang uwuh untuk kesehatan

-Menurunkan Kadar

-Kolesterol

Salah satu bahan wedang uwuh yaitu jahe. Kandungan senyawa dalam jahe dapat membantu menurunkan kadar Kolesterol dan bisa mengurangi penyerapan Kolesterol dalam darah dan hati. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Jepang, mengungkapkan bahwa jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan jalan mengurangi laju aliran darah perifer (aliran darah tepi).

-Kaya Antioksidan

Bahan wedang uwuh sangat beragam, makanya memiliki kandungan yang banyak pula dan baik untuk tubuh. Salah satuya yaitu antioksidan yang mampu memproteksi diri kita dari sel abnormal atau sel kanker. Dr Michael dari Herbacure mengungkapkan bahwa kandungan bahan dalam wedang uwuh jika diuraikan satu per satu memang memiliki manfaat beragam. Manfaat itu terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah.

-Meredakan Nyeri

Kandungan polifenol, saponin, dan flavonoid, yang terdapat dalam daun pala, dapat menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas karena masuk angin, mengatasi gangguan pada lambung dan melancarkan sirkulasi darah.

-Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan dalam wedang uwuh telah diteliti oleh Dr Michael dari Herbacure. Dan mengungkapkan bahwa dalam bahan wedang uwuh jika diuraikan satu per satu maka hasilnya memiliki manfaat beragam. Manfaat itu terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah.

-Mengatasi Masalah Perut

Wedang uwuh yang berbahan dasar cengkeh ternyata bermanfaatjuga untuk tubuh. Masalah kesehatan yang dapat diatasi oleh cengkeh antara lain kembung, masuk angin, sakit kepala, radang lambung, batuk, terlambat haid, rematik, campak, meredakan sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah.

Demikian ulasan mengenai manfaat wedang uwuh

repost from group bisnis via whatsapp

posting ini bermanfaat? bantu kami dengan klik like/share, syukron

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

artikel baru hari ini :

cari artikel ?. ketik dibawah ini