pemerintah australia: kami menolak tawaran investasi China demi keamanan nasional

Separuh jaringan listrik terbesar Australia, Ausgrid, dijual ke konsorsium lokal seharga Aus$16,189 miliar, setelah Canberra menolak tawaran China demi keamanan nasional.

Pemerintah Australia mencemaskan masuknya investasi dari Beijing. Sebelumnya, mereka sudah dua kali menolak penjualan perusahaan ternak swasta terbesar di negeri itu, S Kidman and Co, kepada konsorsium perusahaan China.
menolak tawaran investasi China demi keamanan nasional
ilustration
Sebanyak 50,4 persen saham Ausgrid, jaringan listrik di negara bagian New South Wales, akhirnya jatuh ke tangan konsorsium Australia untuk periode kepemilikan 99 tahun. Konsorsium itu terdiri atas perusahaan investasi IFM dan pengelola dana pensiun AustralianSuper. Artinya, penjualan ini tidak perlu menunggu persetujuan Dewan Peninjau Penanaman Modal Asing (FIRB).

“Ini hasil yang luar biasa dan bagus dengan konsorsium Australia yang menanamkan modalnya di aset ini,” kata Menteri Keuangan NSW, Gladys Berejiklian, Kamis (20/10) malam.

“Pemerintah NSW gembira bisa menjalin kerja sama dengan IFM dan AustralianSuper. Mereka punya riwayat yang bagus di bidang manajemen dan investasi jangka panjang di aset infrastruktur,” ujarnya.

Canberra mencegah penjualan Ausgrid ke pihak asing setelah menolak tawaran State Grid Corp (China) dan Cheung Kong Infrastructure Holdings (Hong Kong), Agustus lalu.

Sejak itu, pemerintah NSW tidak lagi menawarkan Ausgrid. Politikus oposisi mempertanyakan apakah langkah itu akan membuat NSW dapat penawaran terbaik.

Ausgrid adalah aset energi kedua NSW yang diswastanisasi pemerintah negara bagian itu guna mencari dana untuk proyek infrastruktur lain. Jaringan listrik TransGrid telah dijual tahun lalu ke konsorsium Kanada, Timur Tengah, dan Australia seharga Aus$10,258 miliar.

Premier NSW, Mike Baird, mengatakan phaknya masih mempertimbangkan calon pembeli asing untuk Endeavour Energy, perusahaan pembangkit listrik milik pemerintah negara bagian itu.

“Keamanan nasional yang dicemaskan khusus untuk aset ini (Ausgrid),” kata Baird kepada Australian Broadcasting Corporation.

“Tentu saja kami akan bekerja sama dengan FIRB selagi Kementerian Keuangan melakukan penjuaan ketiga ini. Tapi ekpektasi kami adalah bisa mendapatkan investasi asing,” ujarnya.

sumber repost: netralitas.com

posting ini bermanfaat? bantu kami dengan klik like/share, syukron

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

artikel baru hari ini :

cari artikel ?. ketik dibawah ini