shahihkah ungkapan ini “pelajarilah sihir namun jangan anda pergunakan”

PERTANYAAN:

Saya pernah mendengar suatu hadits ini apakah shahih ataukah tidak tentang mempelajari sihir yaitu “pelajarilah sihir namun jangan anda pergunakan” apakah ini shahih atau tidak ustadz. Syukron.
“pelajarilah sihir namun jangan anda pergunakan”

JAWABAN:

Pada edisi kali ini sobat an-nuur,, tentang hadits mempelajari syirik apakah shahih ataukah tidak, karena banyak kita saksikan dizaman sekarang orang mempelajari syirik untuk pertahanan tubuh.

Ini adalah pertanyaan serupa yang pernah ditanya kepada syaikh bin baz, beliaupun menjawab ini adalah hadits batil, tidak ada asalnya. Tidak boleh mempelajari sihir dan tidak pula mempergunakannya.

Karena hal itu kemungkaran, bahkan kekufuran dan kesesatan. Sebagaiman Allah berfirman dalam al-Qur’an “Dan mereka itu adalah (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun, kecuali dengan izin Allah (Al-baqarah:102). 

Maka diketahui bahwa ia adalah kufur dan sesat, dan sesungguhnya sihir tidak memberi mudarat kepada seseorang pun kecuali dengan izin Allah . Maka, hal ini mengindikasikan bahwa mempelajari sihir dan menggunaknnya adalah lawan dari iman dan taqwa serta menafikan keduanya. Dan tidak ada daya dan upaya selain dengan (kekuatan) Allah.

Sumber: majmu’ fatawa samahah asy-syaikh Ibnu Baz, 1/653-654.

ditulis oleh tim buletin an-nur STAI Assunnah tanjung morawa sumut
Powered by Blogger.