anda muslim ? inilah tips membina kebahagiaan suami istri

pernikahan merupakan faktor penting penunjang dan penyempurna untuk menunaikan tugas kemanusian dan sebagai dasar seseorang untuk di hormatin di masyarakat, membentuk pernikahan adalah rasa cinta dan saling hormat menghormatin di antara suami istri dan saling bertenggang rasa .

islam telah membuat tips-tips untuk membina kebahagian suami istri sebagai berikut :
tips membina kebahagiaan suami istri

1. mempersiapkan akal pikiran yaitu cara melatih pikiran seseorang seperti dengan cara menggunakan akalnya dengan membekalin ilmu pengetahuan untuk setiap masing-masing (calon pengantin) untuk menjadikan tolak ukurnya adalah bisa menciptakan akal pikiran yang sesuai dengan pihak lain dan untuk membentuk keluarga yg sakinnah.

2. persiapan mental (fisik), yaitu dengan cara menanamkan keinginan dan pemikiran yang benar dan bisa mengatur emosi sehingga sehingga bisa di arah kan kepada hal-hal yang baik.

3. menghormatin kehidupan berumah tangga, seperti dengan cara menjaga dan membinanya .

4. kepala rumah tangga adalah seorang suami yang berakal dan taat beragama, kepemimpinan rumah tangga jangan di pegang oleh seseorang suami yang fasik, bodoh, zhalim, dan selalu bermaksiat

5. selalu bermusyawarah, seorang suami jangan mengabaikan pendapat istrinya, justru ia harus menghormati dan memperhatikan pendapat istrinya.

6. kepemimpinan seorang suami di rumah tangga bukan berarti ke sewenang-wenangan.

7. yang di maksud mampu memimpin kehidupan berumah tangga adalah karna sudah mampu secara fisik, akal pikiran, jiwa dan keuangan.

8. seseorang perempuan berhak atas mahar menentukan siapa yang menjadi suaminya, akad nikah di anggap tidak sah kecuali atas dasar kerela-an .

9. seorang perempuan berhak atas mahar yang ia terima dari suami nya dan tidak ada yang bisa mengganggu gugat.

10. suami istri harus sama bersikap baik di dalam rumah tangga.

11. hak seorang suami atas istrinya sangat besar jika di bandingkan dengan hak istri terhadap suami nya, karna seorang suami adalah surga atau neraka nya seorang istri.

12. hak suami dari istri nya yaitu ia harus berdandan dan tampil cantik di depan suami nya.

13. hak suami terhadap istri nya yaitu ia harus menjaga kelangsungan hidup istri nya dan memenuhin kebutuhan nya.

14. seorang suami berhak mendapat kan ketenangan, cinta kasih, ketenangan batin dan istirahat.

15. seorang suami di perintahkan untuk bersikap baik terhadap istrinya, penuh kasih sayang, bisa bersabar, dipenuhin hak-haknya didalam kekeluargaan dan di hormatin.

16. seorang istri berhak mencumbui suaminya dan seorang suami boleh mengungkapkan perasaan cintanya kepada istrinya terang-terangan untuk mencipkan suasana saling percaya, bahagia dan tenang.

17. sepasang suami istri harus memiliki sifat cemburu, karena sifat cemburu adalah sifat yang terpuji sebagai pertanda rasa cinta yang sejati, tetapi dengan syarat tidak berlebihan.

18. seorang suami berhak menyuruh istrinya untuk melakukan kebaikan dan beribadah kepada allah, ketika seorang istri mampu taat kepada allah, maka menaati dan menjaga suami nya.

19. benarlah sabdah rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang berbunyi, '' barang siapa telah menikah, ia telah menyempurnakan setengah agamanya, maka ia harus bertakwa kepada allah pada setengah bagian yang lain.

20. yang di maksudkan dengan hak dan kewajiban ini bukan lah seperti peraturan kemiliteran yang jauh dari rasa kasih sayang, justru hak dan kewajiban suami istri lebih lembut karna berpegang di atas pijakan rasa cinta dan saling menghormatin.

Sumber: buku kado pernikahan cetakan darus sunnah hal.367
Ditulis ulang oleh aisyah ummu aziz arrifqi
_____________________________
dapatkan pesan dakwah harian di inbox whatsapp anda

Cara daftar
Ketik nama#usia#asal daerah kemudian kirim ke no whatsapp kami ini 0852 6177 8185

Simpan no whatsapp kami dgn nama "1hari 1ilmu"

Jadilah anda petunjuk jalan dan dapatkan setiap kebaikan dari orang yg anda ajak
yuk, subcribe juga channel youtube jalan hidayah

Portal share artikel ustadz dan ulama sunnah
bantu kami share info ini

dibawah ini, posting terbaru kami di twitter "yuk baca and share"

cari artikel ?. ketik dibawah ini