untuk muslimah, inilah batasan aurat yang dibolehkan sesama wanita

Banyak saudari-saudari kita wanita muslimah yang kurang perhatian tentang masalah batasan aurot terhadap sesama wanita, bahkan terkesan ada yang menyepelekan permasalahan ini, padahal masalah ini adalah masalah yang sangat penting untuk diketahui kemudian diamalkan.
inilah batasan aurat yang dibolehkan sesama wanita

Di dalam sebuah hadits, Rasululloh shalallahu alaihi wa salam memperingatkan dengan keras tentang larangan seorang wanita melihat aurat wanita yang lain.

Rosululloh shalallahu alaihi wa salam bersabda:

”Janganlah seorang laki-laki melihat aurot laki-laki yang lain dan jangan pula seorang wanita melihat aurot wanita yang lain...” (HR. Muslim 794)

Imam Nawawi menegaskan,

“Hadits ini menunjukkan tentang haramnya seorang laki-laki melihat aurot laki-laki lain, dan seorang wanita melihat aurot wanita lain, dan masalah ini adalah masalah yang tidak terdapat perselisihan di dalamnya. Demikian pula seorang laki-laki melihat aurot wanita dan seorang wanita melihat aurot laki-laki, maka hal ini diharamkan berdasarkan kesepakatan para ulama. (Syarh Muslim, 4/30, Asy-Syamilah)

Lalu, apakah batasan aurot wanita di depan wanita yang lain?

Syaikhul Albani mengatakan:

“Sedangkan perempuan muslimah di hadapan sesama perempuan muslimah, maka perempuan adalah aurat kecuali bagian tubuhnya yang biasa diberi perhiasan.Yaitu kepala, telinga, leher, bagian atas dada yang biasa diberi kalung, lengan atas yang biasa diberi hiasan lengan, telapak kaki dan bagian bawah betis yang biasa diberi gelang kaki.

Sedangkan bagian tubuh yang lain adalah aurat, tidak boleh bagi seorang muslimah demikian pula mahram dari seorang perempuan tersebut untuk melihat bagian-bagian tubuh di atas dan tidak boleh bagi perempuan tersebut untuk menampakkannya. Dalilnya adalah firman Allah yang tegas: -lalu beliau membawakan QS. An-Nur 31-.” (Talkhish Ahkam Janaiz, hal 30, Asy-Syamilah)

Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

MEDIA DA'WAH AL-FURQON
Web : artikel.alfurqongresik.com

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

artikel baru hari ini :

---------------------------------------------------------------------------
hanya dengan 5.000 rupiah donasi yang saudara/i berikan membantu kami
mewujudkan komputer khusus dakwah media ini

kirim ke no rekening bri 3343-01-023572-53-6 atas nama atri yuanda
atau ke paypal.me/atriyuanda

setelah transfer, informasikan ke kami dengan mengirim pesan
dengan format #nama#usia#asal daerah#jumlah donasi kirim ke 085362377198

total donasi masuk hingga hari ini telah terverifikasi sebesar Rp.1.920.000
total donasi yang dibutuhkan sebesar Rp.6.500.000
*program ini ditutup setelah dana pembelian komputer memadai*

pengen dialog santai, silahkan inbox kami. syukron

cari artikel ?. ketik dibawah ini